Sulawesi Tengah

Presiden Jokowi Serahkan Anugerah kepada Gubernur Sulteng dan Bupati Sigi

235
×

Presiden Jokowi Serahkan Anugerah kepada Gubernur Sulteng dan Bupati Sigi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Bupati Sigi Irwan Lapatta usai menerima anugerah Anugerah Pangripta Nusantara 2017.(Foto:ist)
Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Bupati Sigi Irwan Lapatta usai menerima anugerah Anugerah Pangripta Nusantara 2017.(Foto:ist)

JAKARTA, KabarSelebes.com  – Presiden Joko Widodo menyerahkan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dan Bupati Sigi, Irwan Lapata. Penyerahan Anugerah ini serangkaian dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017, yang digelar Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Rabu, 26 April 2017, di Hotel Bidakara, Jakarta.

Anugerah tertinggi di tingkat Nasional ini diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk pencapaian prestasi dalam perencanaan pembangunan.

Dalam Surat Keputusan Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro disampaikan Anugerah Pangripta Nusantara 2017. diberikan kepada 5 provinsi, 3 kabupaten dan 4 kota dengan kategori berbeda.

Rinciannya, untuk kategori provinsi dengan perencanaan pembangunan terbaik diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta pada peringkat pertama disusul oleh DKI Jakarta dan Provinsi Sumatera Selatan.  Lalu pada kategori inovasi terbaik dalam perencanaan pembangunan hanya 1 provinsi yang dapat memenuhi kualifikasinya yakni DKI Jakarta. Sementara untuk kategori peningkatan tertinggi dalam kualitas perencanaan hanya Provinsi Sulawesi Tengah yang memenuhi kualifikasinya.

Adapun Pemerintah Kabupaten/Kota yang berhasil meraih kualifikasi pada kategori perencanaan pembangunan terbaik adalah, Pemkab Tabanan, Bali, kemudian Pemkab Ende, Nusa Tenggara Timur dan Pemkab Sigi, Sulteng. Lalu untuk Pemkot yang memenuhi kualifikasi pada kategori itu adalah Pemkot Batu, Jawa Timur, Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah dan Pemkot Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Untuk kategori inovasi terbaik dalam perencanaan diraih oleh Pemkot Muara Enim, Sumatera Selatan.

Gubernur Longki Djanggola usai menerima penghargaan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh masyarakat dan aparatur sipil negara di lingkup Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah bekerja keras, bahu membahu, membangun dan memajukan Sulawesi Tengah.

“Untuk kesekian kalinya kita menerima Anugerah Pangripta Nusantara dan penghargaan-penghargaan lainnya dari Pemerintah Pusat. Ini membuktikan bahwa kita semua telah bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita pembangunan Sulawesi Tengah menuju kemajuan, kemandirian dan kemampuan berdaya saing. Dan kita merupakan satu-satunya Pemerintah Provinsi di Kawasan Timur Indonesia yang meraih anugerah ini,” sebut Longki.

Kepala Bappeda Sulteng, Dr. Pattatope yang mendampingi Gubernur Longki menyatakan bahwa cita-cita kita bisa sejajar dengan Provinsi maju lainnya di Kawasan Timur Indonesia sudah bisa kita buktikan, maka sekarang kita bisa membuktikan bahwa kita bisa sejajar dengan Provinsi maju lainnya di Kawasan Barat Indonesia.

Untuk diketahui, pemberian anugerah dalam Musrenbangnas 2017 bertema Memacu Investasi dan lnfrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan ini dihadiri seluruh pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri dan kepala lembaga pemerintah non kementerian, para gubernur hingga para bupati/wali kota. (***)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *