Sulawesi Tengah

PLN Upayakan Listrik di Sulteng Normal Sebelum UAN

Petugas PLN mengganti tower listrik roboh di Sulteng Foto: Dok. PLN

PALU, KabarSelebes.com – PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus menyelesaikan perbaikan salah satu tower distribusi listrik tegangan tinggi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso ke Palu, yang roboh akibat terjangan banjir pada Senin 24 April 2017 sebelum pelaksanaan ujian nasional sudah selesai dan pasokan listrik kembali normal.

“Tim teknisi kami bekerja siang dan malam untuk mendirikan tower emergency yang dibantu anggota TNI dan masyarakat sekitar agar distribusi listrik kembali normal,” kata Manager PLN Area Palu, Emir Muhaimin, dikutip dari Antara, Minggu (30/4/2017).

Ia mengatakan, tower nomor 46 yang terletak di Kecamatan Poso Pesisir Utara roboh dihantam banjir dan untuk menuormalkan kembali suplai listrik dari PLTA Sulewana Poso, kini sedang dibangun tower darurat.

BACA JUGA :  Kabur dari Sel Mapolres Tolitoli, Buronan Residivis Narkoba Didor Polisi

Kerangka tower emergency, kata dia, didatangkan dari Gorontalo dan Makassar dan rencananya jika tidak ada gangguan berarti mulai 01 Mei 2017 sudah dilakukan uji coba distribusi.

“Ya mudah-mudahan saja semua berjalan lancar sehingga kebutuhan listrik untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mulai 2 Mei dapat terpenuhi,” kata Emir.

Ada beberapa wilayah di Sulteng yang selama ini mendapat pasokan daya dari PLTA Poso. Khususnya sistem kelistrikan Palu yang meliputi Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Muotong dan Sigi (palapas) masih sangat tergantung pada suplai daya dari PLTA.

Sebagian besar kebutuhan listrik di empat wilayah tersebut ditunjang oleh PLTA Poso, PLTU Palu dan juga PLTD milik PT PLN.

BACA JUGA :  TW I 2018, Ekonomi Sulteng Tumbuh 6,62 Persen

Karena itu, jika salah satu dari PLTA dan PLTU mengalami gangguan, maka sistem kelistrikan Palu akan mengalami defisit daya cukup besar seperti yang terjadi sekarang ini.

Sistem kelistrikan Palapas kini mengalami kekurangan daya sebesar 60 megawatt. Akibatnya, pemadaman bergilir secara merata dilakukan PLN setempat. Namun, jika tidak ada halangan mulai Senin 1 Mei 2017, pasokan listrik dari PLTA Poso sudah kembali normal seperti sediakala.

Sumber:Metrotvnews.com

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Masyarakat Katu Menolak Keras Pemasangan Tapal Batas TNLL

PALU,...

BNN: Ada 39.810 Orang di Sulteng Gunakan Narkoba

PALU,...

Dosen Ini Dibunuh dan Dibuang ke Parit oleh Penghuni Indekos

SEMARANG,...

Close