Sulawesi Tengah

Pasca Gempa di Poso, Muncul Air Berbau Belerang di Retakan Tanah dalam Rumah Warga

Semburan air keluar dari celah tanah yang terbelah di dapur milik seorang warga di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.(Foto:Sobirin/KabarSelebes.com)

POSO, KabarSelebes.com – Gempa berkekuatan 6,6 SR yang mengguncang Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, menyebabkan sejumlah bangunan rusak dan bahkan ambruk. Gempa juga menyebabkan tanah terbelah dan mengeluarkan air.

Retakan tanah dan semburan air juga menimpa rumah salah seorang warga Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara. Air bercampur lumpur dan berbau belerang ini menyembur dari dalam tanah beserta lumpur.

Menurut Jultin (48) pemilik rumah, air itu seketika menyembur saat gempa menguncang desa tersebut. Semburan air itu seketika membuat seisi rumah panik dan menyelamatkan diri ke gereja.

BACA JUGA :  Viral, Simak Video Ibu-Ibu Kepergok Buang Sampah di Sungai Palu

“Air itu muncul bersamaan dengan goyangan gempa. Air itu keluar dari retakan tanah di dapur dan terasa agak hangat serta berbau belerang,” kata Jultin Rabu (31/5/2017).

Bukan hanya membuat lantai rumah terbelah, gempa juga menyebabkan dinding retak serta beberap bagian lainnya rusak. Bahkan, perabotan rumah ikut rusak akibat jatuh.

Hingga rabu siang air bercampur belerang masih keluar dari lantai rumah milik Jultin. Bahkan, sebagian rumah tersebut hampir dipenuhi lumpur yang ikut keluar dari perut bumi.

Dari data pemerintah kecamatan setempat, sebanyak 87 bangunan di Kecamatan Lore Utara rusak akibat gempa. Selain rumah warga, bangunan yang rusak itu juga terdapat bangunan gereja dan sekolah.(ABD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini: