Sulawesi Tengah

Sungai Palu Meluap, Ribuan Rumah Warga Terendam

Seorang warga di Kelurahan Baru mulai mengungsikan barangnya akibat luapan air.(Foto:Odi Djoker)

PALU, KabarSelebes.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Palu sejak Sabtu (3/6/2017) malam, menyebabkan meluapnya sungai Palu. Luapan sungai yang membelah kota Palu ini mengakibatkan sejumlah pemukiman warga di empat kelurahan terendam air.

Hingga Minggu (4/6/2017) malam, sejumlah warga mulai mengungsi setelah ketinggian air semakin bertambah dan mulai menghawatirkan.

Empat kelurahan yang terendam air luapan sungai Palu itu adalah Kelurahan Ujuna, Kelurahan Baru, Kelurahan Lere Dan Kelurahan Lolu. Empat kelurahan ini memang terletak di sekitar sungai Palu.

“Air sudah mulai naik malam ini.  Tadi pagi masih di mata kaki, sekarang sudah sampe di lutut,” Kata Imran, warga kelurahan Baru minggu malam.

Air mulai memasuki pemukiman warga sejak minggu dini hari. Air dari sungai palu itu meluap setelah debit air tidak bisa lagi menampung dan menjebol sejumlah tanggul. Ditambah lagi, sejumlah gorong-gorong dan selokan di sekitar pemukiman warga yang tersumbat, membuat banjir semakin tidak bisa dikendalikan.

Terdata, ada 1.000 lebih rumah warga terendam air banjir. Sebagian warga yang tinggal skitar dibantaran sungai sudah bersiap-siap untuk mengungsi menyusul masih tingginya debit air sungai palu.

“Di kelurahan Ujuna ada 300-an rumah, di kelurahan Baru dan Lere juga 300 lebih rumah serta di Lolu Utara ada lebih dari 100 rumah yang terendam air,” kata Mas’ud, seorang tokoh masyarakat setempat.(ABD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini: