Sulawesi Tengah

PLN Area Palu Ketambahan 24 MW Dari PLTA Sulewana

Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat meresmikan gardu induk Sidera Kabupaten Sigi beberapa waktu yang lalu.(Foto:ist)

PALU, KabarSelebes.com – Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin menjamin bahwa pasokan listrik dari PLTA Sulewana Poso telah tersalurkan melalui GI Silae/Tipo Palu Barat sebesar 24 Mega Watt (MW). Interkoneksi jaringan tersebut melalui GI Sidera lalu masuk ke GI Silea tegangan 150 ke 20kv. Berarti saat ini daya mampu PLN Area Palu sebesar 84 MW dan diharapkan besaran daya mampu tersebut bisa bertambah dengan adanya tambahan daya dari PLTU dan mesin pembangkit lainnya.

Saat ini urai Emir pihaknya berupaya memaksimalkan pemadaman tidak lagi berlangsung lama, namun secara berlahan pemadaman tersebut diminimalisir sehingga nantinya diharapkan bisa terus dijaga keandalan pasokan listrik sampai ke pelanggan listrik bisa relatif aman. Namun demikian urai Emir soal pemadaman itu banyak penyebabnya dan sulit untuk di hindari sebagai contoh pemadaman karena adanya pemeliharaan, lalu terjadinya gangguan karena faktor alam.

Sehingga diharapkan nantinya krisis listrik yang terjadi selama ini bisa segera terminimalisir dan bahkan upaya PLN adalah meniadakan pemadaman tersebut secara bertahap. Jadi tidak secara langsung ketika suplay listrik masuk ke sistem Palu maka tidak ada lagi pemadaman, namun rentang waktu pemadaman sudah di kurangi dan setiap harinya akan berkurang waktu pemadaman hingga pemadaman bisa diminimalisir.

“Harapan kami dari PLN agar secepatnya krisis listrik ini bisa segera teratasi dan ini menjadi upaya kami untuk terus menyediakan keandalan pasokan listrik ke pelanggan. Mudah-mudahan sebelum akhir bulan April ini persoalan pemadaman bisa segera teratasi secara berlahan-lahan hingga tidak ada lagi terjadi pemadaman. Kami juga sangat memahami akan keluhan masyarakat pelanggan listrik, namun demi keandalan dan pasokan listrik yang lebih baik lagi, maka PLN terus berupaya mengebut agar distribusi listrik bisa teratasi dengan baik,”katanya.

Hal senada juga disampaikan GM Unit Induk Pembangunan (UIP) 13 Sulawesi, Gidian. Menurut Gidian pihaknya tetap berupaya agar keandalan pasokan listrik bisa tetap terjaga dan ini menjadi bukti dari upaya maksimal yang terus menerus dilakukan pihak PLN untuk memenuhi akan kebutuhan listrik bagi pelanggan. Salah satu buktinya dengan telah tersalurkannya listrik dari PLTA Sulewana melalui GI Sidera ke GI Silae dan demikian juga seterusnya diharapkan mix energi listrik dari sumber-sumber energi lainnya tidak hanya dari PLTA Sulewana saja, namun juga sumber listrik dari selatan juga bisa tersalurkan ke area Palu.

Pemadaman listrik yang telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi persoalan besar yang dihadapi PLN, sehingga tim dari PLN Wilayah Sulutenggo khusus ke Palu untuk bersama-sama dengan PLN Area palu memaksilkan perbaikan sehingga interkoneksi suplay listrik bisa tersalurkan ke PLN Area Palu.(yusuf/ABD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top