Nasional

Gempa 5,2 SR di Parigi Moutong tak Berpotensi Tsunami

gempa

Ilustrasi

PALU, Kabar Selebes – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah Rabu (27/12/2017) pukul 14.12.50 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=5,2 skala richter (SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 0,48 LU dan 121,14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 kilometer (km) arah timur Taopa, Kabupaten Parigi Moutong pada kedalaman 68 km.

Gempa tektonik berkekuatan M=5,2 yang terjadi pukul 14.12.50 WIB di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi terjadi pada koordinat 0,48 LU dan 121,14 BT, atau tepatnya di darat pada jarak tiga kilometer arah timur Kota Taopa, Kabupaten Parigi Moutong pada kedalaman 68 kilometer.

BACA JUGA :  Wah, Simak "Borok" di Balik Sukses Film Uang Panai

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Parigi Moutong diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ajak Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Drs Moch Riyadi MSi yang dibagikan dalam grup BMKG, PVMBG dan para pihak di Manado, Rabu.

Dia menjelaskan, dampak gempa yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak berupa guncangan dirasakan di daerah Parigi Moutong dan Toli-Toli dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), Buol dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

Guncangan gempa bumi ini belum menimbulkan kerusakan.

Selanjutnya, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Sulawesi.

BACA JUGA :  Antar Pesanan Sabu, Pengedar asal Palu Ini Diciduk di Kotamobagu

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh pensesaran oblique naik (oblique thrust).

Hingga pukul 14:37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).(ANTARA)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Gubernur Cup Sport Climbing, Ajang Seleksi Atlet Kejurnas 2018

PALU,...

Lakukan Aborsi, Seorang Mahasiswi di Tolitoli Diamankan Polisi

TOLITOLI,...

Pasca Polisi Temukan Merkuri, Ahmad M Ali Minta Tambang Poboya Segera Ditutup

PALU,...

Close