Nasional

Penyelenggaraan Pemilu di 5 Provinsi Potensial Langgar Etik

ilustrasi pilkada

ilustrasi pilkada

JAKARTA, Kabar Selebes – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salamm mengingatkan penyelenggara pemilu agar bisa memahami aturan dengan baik. Mulai dari penyelenggara di tingkat pusat hingga pelaksana di lapangan.

Dengan demikian pelaksanaan Pilkada 2018 yang digelar di 171 daerah, dapat berjalan dengan baik.

Termasuk persiapan Pemilu 2019, diharapkan dapat ‎berlangsung seperti yang diharapkan mayoritas rakyat Indonesia.

“Jangan sampai buat aturan, tapi enggak sampai ke bawah. Kemudian, penyelenggara juga penting menjaga netralitas,” ujar Alfitra pada talk show ‘Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetrend)’ di Kantor DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (27/12).

Saat ditanya terkait peta potensi pelanggaran etika penyelenggara, Alfitra menyebut hampir sama dengan peta kerawanan yang sebelumnya diterbitkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan kepolisian.

BACA JUGA :  Pasukan TNI di Satgas Tinombala Poso Intai DPO Dengan Drone

“Tentang potensi pelanggaran etik, hampir sama dengan indek kerawanan Pilkada (yang diterbitkan Bawaslu,red). Yaitu, Papua, Kalimantan Barat, Aceh, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, DKPP berharap KPU maupun Bawaslu melakukan terobosan.

Selain aktif menyosialisasikan aturan perundang-undangan, juga memberdayakan para tenaga ahli yang ada. Paling tidak untuk melakukan deteksi dini, sehingga potensi yang ada dapat diantisipasi dengan baik.

“Jadi, penting pengawasan dan pemahaman peraturan perundang-undangan yang ada dengan baik. Dengan demikian segala potensi yang ada dapat diantisipasi,” pungkas Alfitra.(gir/jpnn)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Gempa 5,2 SR di Parigi Moutong tak Berpotensi Tsunami

PALU,...

Gubernur Cup Sport Climbing, Ajang Seleksi Atlet Kejurnas 2018

PALU,...

Lakukan Aborsi, Seorang Mahasiswi di Tolitoli Diamankan Polisi

TOLITOLI,...

Close