Sulawesi Tengah

Temukan 5 Kg Merkuri, Tambang Emas Milik CPM Digeruduk Polda Sulteng

Polda Poboya1

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi didampingi Kapolres Palu AKBP Mujianto dan Kasat Brimobda Sulteng AKBP Guruh Arif Darmawan saat mendatangi lokasi pertambangan emas milik PT. Citra Palu Minerals (CPM) Sabtu (23/12/2017) sore. (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Polda Sulawesi Tengah secara mengejutkan mendatangi lokasi tambang emas milik PT. Palu Citra Minerals (CPM) di Kelurahan Poboya Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Sabtu (23/12/2017) sore. Sebanyak satu SSK pasukan dari Brimobda Polda Sulteng diterjunkan langsung untuk menggeruduk lokasi tambang emas tersebut.

Di bawah pimpinan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi, satu persatu lokasi tambang emas yang beroperasi di pegunungan Poboya, didatangi dan langsung digeledah. Kedatangan anggota polisi bersenjata lengkap ini sontak membuat sejumlah penambang tak bisa berbuat apa-apa.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Bakal Hadiri Festival Palu Nomoni 2017

Menurut Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Rudy Sufahriadi, inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Polda Sulteng sehari sebelumnya yakni Jumat (22/12/2017), aparat Kriminal Khusus Polda Sulteng menangkap seseorang atas kepemilikan 5 Kg bahan kimia merkuri di lokasi tambang Poboya.

“Dari penangkapan itu kami menduga bahan berbahaya itu digunakan secara ilegal di lokasi tambang milik PT. CPM sehingga kami melakukan sidak kesana,” kata Rudy Rudy Sufahriadi di Mapolda Sulteng Sabtu malam.

Menurut Rudy, pihaknya menduga adanya penyimpangan yang dilakukan oleh perusahaan pemilik ijin pertambangan di Poboya yakni PT. CPM.

“Kami juga memeriksa beberapa orang sebagai saksi dan sekarang sedang diperiksa Dir Krimum Polda Sulteng,” kata Rudy.

BACA JUGA :  Zalzulmida Djanggola Pimpin Komisi IV DPRD Sulteng

Rudy memerintahkan kepada Dirreskrimsus Polda Sulteng untuk melakukan penyelidikan perihal hasil tangkapan bahan merkuri, serta akan berkoordinasi dengan pihak PT. CPM terkait ditemukannya bahan merkuri tersebut.

“Kami juga akan meninjau langsung batas – batas lokasi tambang serta ijin penggunaan lokasi pertambangan yang dimiliki oleh perusahaan (PT.CPM).(ABD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Film KAILI Merugi, Andi Mattuju: Semua Artis dan Kru Memang Tidak Dihonor

PALU,...

Bupati Poso Setuju Pemekaran Kabupaten Tampo Lore

POSO,...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Permintaan BBM, LPG dan Avtur di Sulawesi Naik

MANADO,...

Close