Sulawesi Tengah

Bupati Laporkan Wabup ke Polres Tolitoli, Wabup: Saya Siap Diperiksa

Bupati Tolis Alek Lapor Wakil Bupati

Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan, saat berbincang usai dimintai keterangan oleh penyidik Polres Tolitoli, terkait insiden yang terjadi antara Wabup Abd Rahman H Buding pada pelantikan pegawai struktural dilingkup Pemkab setempat.FOTO : Moh Sabran

TOLITOLI, Kabar Selebes – Pasca terjadinya insiden nyaris baku pukul pada saat pelantikan ratusan pegawai fungsional dan empat pegawai Struktural dilingkup Pemkab Tolitoli  antara Bupati dan Wakil Bupati, akhirnya berbuntut panjang. Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan melaporkan secara resmi tindakan Wabup Abd Rahman H Buding secara resmi ke Mapolres Tolitoli.

Pantauan kabarSelebes.id di kediaman Bupati tolitoli, sejumlah penyidik dari Mapolres Tolitoli mendatangi kediaman orang nomor satu di daerah penghasil cengkeh tersebut untuk memintai keterangan seputar insiden yang terjadi saat pelantikan pegawai strutural dan fungsional dimana saat itu Bupati Tolitoli menyampaian kata sambutan dihadapan para pegawai yang dilantik yang digelar di gedung wanita Tolitoli pada Rabu 31 Januari 2018.

BACA JUGA :  Mencoblos, Karyawan PT IMIP Dapat Bonus

Pemeriksaan yang berlangsung selama satu jam oleh tim penyidik dari Satreskrim Polres Tolitoli tersebut dan dilkakukan secra tertutup. Usai dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik Polres setempat, Sejumlah awak media elektronik maupun cetak yang sudah satu jam menunggu akhirnya harus mnelan pil pahit ketika Bupati yang ingin dimintai keterangan hanya di wakili kepala Bagian Humas Pemkab Tolitoli

Kepala Bagian Humas Kabupaten Tolitoli Arham Yaqub mengatakan, pihaknya telah membenarkan terkait adanya laporan Bupati  Moh Saleh Bantilan yang melaporkan Wabup Abd Rahman H Buding yang secara tiba-tiba masuk ke gedung wanita  Tolitoli yang melakukan protes keras pelantikan tersebut dimana pelantikan tersebut merupakan agenda resmi Pemerintah kabupaten Tolitoli

“Pak Bupati Sudah melaporkan tindakan wakil Bupati ke Polres Tolitoli, dan kami menyerahkan seluruhnya hasil laporan dan pemriksaan yang dilakukan oleh tim Penyidik Polres Tolitoli,’’jelas Arham Yaqub kepada sejumlah awak media.

BACA JUGA :  Terkait Dugaan Korupsi Gedung DPRD, Wabup Morut Diperiksa Penyidik Tipikor Polda Sulteng

Terpisah, Wabup Tolitoli Abd Rahman H Buding menjelaskan dirinya selaku orang kedua di daerah ini dan sebagai  jabatan Wabup di bagian pengawasan, untuk meminta pertimbangan para pegawai yang dilantik, ia juga menghargai hasil yang dilakukan oleh tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)  yang sebelumnya disampaikan ke dirinya. Bahkan ia sempat menanyakan langsung kepada Sekretaris kabupaten Tolitoli Muqaddis Syamsudin  terkait pelantikan empat pejabat strutural  yang langsung terjadi perubahan, namun untuk pelantikan pegawai fungsional dirinya tidak merasa keberatan.

‘’Kenapa saya tadi marah besar di acara pelantikan tersebut , informasi yang saya terima karena saya merasa kecewa dengan hasil pelantikan  empat pegawai sturuktural karena pagi harinya pada saat pelantikan langsung berubah dan ini saya tidak terima,’’keluh H Abd Rahman H Buding kepada awak media saat ditemui di pantai wisata Desa Sabang.

BACA JUGA :  Kolam Renang Jabal Nur Dibangun Lanjut, Dana Siap Rp22 Miliar

Saat dimintai keterangan adanya laporan Bupati Tolitoli yang dirinya dilaporkan atas insiden yang terjadi  kepada Polres Tolitoli tersebut, Ketua DPW PPP Sulteng itu menegaskan, dirinya siap diperiksa oleh penyidik Polres Tolitoli dan akan memberikan keterangan secara langsung kepada polisi jika dirinya melakukan pelanggaran.

Dikatakannya, hal tersebut dilakukannya sebagai tindakan untuk pembelajaran bagi Bupati Tolitoli yang kerap kali keluar daerah sehingga bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan tidak mengetahui setiap karakter para bawahannya tersebut .

‘’Dia mana tahu, dua minggu di Tolitoli dia tinggalkan lagi daerah ini,’pungkasnya.  (Moh Sabran)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Verifikasi Nasdem Morowali Berlangsung Cepat

MOROWALI,...

Simak Videonya, Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli Nyaris Adu Jotos

TOLITOLI,...

Viral, Video Dosen di Palu Tambal Sendiri Jalan Berlubang dengan Bahan Seadanya

PALU,...

Close