Sulawesi Tengah

Nelayan Bunta Temukan Paus Sperma Terdampar di Teluk Tomini

Paus Sperma Luwuk

Bangkai paus kotak atau sperm (Physeter macrocephalus) menjadi tontonan warga Banggai. Paus ini ditemukan nelayan saat mereka memancing.(KOMPAS.com/ABDULLAH BIA)

BANGGAI, Kabar Selebes – Seekor paus kotak atau whale sperm (Physeter macrocephalus) ditemukan warga mengambang tak berdaya di perairan Teluk Tomini, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (8/1/2018).

Paus tersebut ditemukan pertama kali oleh Ardon dan Empang, nelayan dari Kelurahan Bunta 2, Kecamatan Bunta saat mencari ikan tidak jauh dari bibir pantai.

Ketika asik memancing, mereka kaget melihat benda mengapung sambil menggerakan anggota badannya. Setelah didekati, ternyata seekor paus yang pernah mereka lihat di televisi.

Mereka mengamati sambil mengelilingi paus ini, karena penasaran mereka kemudian memanggil seorang temannya di daratan untuk menarik mamalia laut ini ke pinggir pantai.

BACA JUGA :  Sidak Ikan Kaleng, Tim Gabungan di Tolitoli Malah Temukan Makanan dan Minuman Kedaluarsa

Dengan menggunakan 3 perahu ketinting, mereka menarik satwa ini ke arah pantai. Namun tidak lama berada di pantai, hewan ini mati.

Bangkai paus ini kemudian menjadi tontonan warga yang ingin menyaksikan langsung. Bahkan banyak yang menaiki bangkai paus sperm ini.

“Bangkai paus ini sekarang jadi tontonan warga, sudah puluhan orang yang naik di atas bangkai,” kata Abdullah Bia (46), warga Kelurahan Salabenda, yang melihat langsung di lokasi.(KOMPAS)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
2018 Tahun Energi: NasDem Fokus Tuntaskan Listrik Desa

"Tahun...

Ribuan Warga Antar TAHAJUD Mendaftar ke KPUD Morowali

Taslim...

Waduh, Dua Petani di Sigi Ditangkap Edarkan Sabu

SIGI,...

Close