Nasional

Prof Zainal :  Manfaatkan Ramadhan Untuk Silaturahim

Zainal Abidin

Pakar pemikiran Islam modern Prof Dr H Zainal Abidin MAg saat memberikan siaraman rohani di kementerian perhubungan. (Foto: ist)

JAKARTA,  Kabar Selebes – Pakar pemikiran Islam modern Prof Dr H Zainal Abidin MAg mengajak umat Islam untuk memanfaatkan bulan ramadhan sebagai momentum untuk membangun dan memperkuat silaturahim.

“Umat perlu mempersiapan diri untuk menyambut datangnya bulan ramadhan,” kata Prof Zainal Abidin MAg, dalam ceramahnya di Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta, Senin.

Prof Zainal Abidin menyampaikan ceramah tentang persiapan menyambut datangnya ramadhan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Perhubungan, yang dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat.

Pakar pemikiran Islam modern itu mengatakan dua bentuk persiapan harus diperhatikan oleh umat Islam dalam menyambut ramadhan.

BACA JUGA :  Isyana Pukau Ribuan Penonton

Pertama, persiapan lahiriah yaitu seorang muslim perlu menyediakan perlengkapan ibadah seperti pakaian,  songkok, sarung,  bila perlu bila  alquran, bahkan alquran cetakan baru. Kedua, persiapan batiniah yaitu menyambut ramadhan dengan maaf memaafkan atau silaturrahim .

“Bersihkan hati dan sucikan jiwa.  Hal itu jika  dapat kita lakukan sebagai pertanda bahwa kita gembira dengan datangnya bulan ramadhan,” urai Zainal Abidin.

Ia menyebutkan persiapan-persiapan tersebut sejalan dengan penyampaian nabi dalam sabdanya yang menyebut ‘barang siapa yang gembira di datangi bulan ramadhan maka haram tubuhnya di bakar api neraka’.

“Seorang muslim harus gembira. Gembira karena banyak keutamaan di berikan Allah dalam ramadhan yang dapat menambah dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,” sebutnya.

BACA JUGA :  Negosiasi Panjang dan Berliku, PGM Lepas 68 Persen Saham ke NWP Retail

Ia menghimbau agar umat Islam gembira dan semangat dengan datangnya bulan ramadhan untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Karena dalam ramadhan banyak keutamaan dan keistimewaan  seperti pintu taubat terbuka lebar, amal kebaikan di lipatgandakan, dosa di ampuni dan doa di kabulkan dan seterusnya.(MAD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
NasDem Tolitoli Laporkan Tindakan Sepihak Panwas

TOLITOLI,...

Anis Matta : Indonesia Butuh ‘Sopir’ Baru

PALU,...

AMPM Sulteng Deklarasi Relawan Anis Matta

PALU,...

Close