Sulawesi Tengah

Ribuan Jamaah Mengikuti Pesta Salawat Akbar

PALU, Kabar Selebes – Gema salawat nabi mengumandang dengan syahdu bait perbaitnya. Irama itu terdengar ketika ribuan jamaah melantunkannya dengan penuh khusyuk dalam kegiatan yang diadakan Pengurus Indonesia Berzikir, Ikatan Persaudaraan Perubahan Indonesia (IP2I) dan yayasan Insan Cita Indonesia (ICI).

Salawat yang bertajuk pesta salawat akbar Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh Habib Agil Bin Abu Bakar Bin Muhdar Alqadri pimpinan yayasan Majelis Dzikir Salawat Nurul Khaerat Lil Muhibbin Kalimantan Timur, Habib Hamzah Bin Abdullah Al-Aydrus pimpinan Majelis Rasulullah Bogor, Jawa Barat dan Habib Hasan Bin Husen Aldjufrie.

Saat salawatan dimulai antusias ribuan jamaah mengumandangkan shalawat yang dipimpin oleh habib Agil Bin Abu Bakar Bin Muhdar Alqadri, semua jamaah zikir menyerukan setiap salawat yang diucapkannya.

Selain salawatan acara tersebut juga diisi dengan tausiyah agama yang diisi oleh Habib Hamzah Bin Abdullah Al-Aydrus, Ia membahas beberapa manfaat dari berpuasa.

“Berpuasa merupakan kewajiban kita sebagai umat islam, maka dari itu laksanakanlah ibadah puasa dengan iklas maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Dewan Pembina IP2I dan Ketua ICI Nilam Sari Lawira menuturkan salawat akbar yang ke V ini dapat terselenggara dengan baik berkat rahmat dari Allah SWT. Maka dari itu, kata dia suksesnya kegiatan ini patut disyukuri.

“Insya Allah dengan kegiatan keagamaan seperti ini akan merubah pola perilaku kita dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara,” serunya dihadapan ribuan jamaah zikir di Halaman Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islamic School Palu, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Sabtu, (12/05/2018).

“Saya akan selalu mendukung dan merespon kegiatan-kegiatan positif seperti ini, karena salawat akbar ini merupakan salah satu bentuk syiar islam,” tuturnya.

Semoga lewat kegiatan ini, lanjutnya, semua jamaah yang hadir mendapatkan rahmat dari allah SWT, dan menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik didalam kehidupan ini.

Ia menjelaskan, pesta salawat ini dilakukan, sebagai bentuk kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai teladan umat. Apalagi anjuran membaca salawat terhadap nabi merupakan perintah Allah. Sebab Allah dan para malaikat pun bersalawat terhadapnya.

“Semoga lewat salawat akbar ini kita semua mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, terutama syafaatnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Indonesia Berdzikir Muhammad J Wartabone lewat kesempatan itu mengungkapkan, ide pesta salawat akbar ini lahir dari seorang tokoh Habib Muhammad bin Abdul Qadir, beliau adalah penasehat Presiden Suharto.

“Pada tahun 1992 awal saya berjumpa dengannya. Saat itu saya masih duduk dibangku SMA. Saya berguru kepadanya selama 5 tahun. Kala itu banyak salawat yang Ia ajarkan terhadap saya dan sampai saat ini masih terus saya amalkan dan Alhamdulillah salawat yang Ia ajarkan itu membawa berkah bagi kehidupan saya dan keluarga,” kisahnya.

Usai membaca salawat akbar, ribuan jamaah pun ikut salat dzuhur berjamaah. (Sarifah Latowa)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Tiga Hari Hilang, Bocah SD di Toili Ditemukan Mengapung di Muara

LUWUK,...

Rumah Dinas Kapolres Morowali Terbakar

PALU,...

Dua WNA Ilegal dan Penerjemah Kabur ke Kebun Warga

PALU,...

Close