Sulawesi Tengah

3.800 Paket Sembako Murah Untuk Hari Raya Lebaran dan Galungan di Poso

POSO, Kabar Selebes – Pelaksanaan pasar murah sembako, yang setiap tahunnya di gelar Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan Kabupaten Poso, pada bulan Ramadhan kali ini kembali dilaksanakan.

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasar murah sembako kali ini tidak di pusatkan dititik-titik tertentu, melainkan dibuka di tiap kecamatan, kecuali Kecamatan Lore Barat dan Lore Selatan.

“Mengenai dua kecamatan yang tidak mendapat jatah distribusi, karena mempertimbangan mayoritas penduduknya bukan muslim,” ujar Kadis Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), P Rama Tandawuya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Menurut Rama Tandawuya, ada 3.000 paket sembako murah telah didistribusi ke 17 kecamatan di Kabupaten Poso, sejak minggu kedua pelaksanaan bulan Ramadhan. Untuk satu paket sembako berisikan gula pasir, mentega, tepung terigu dan susu kaleng, senilai Rp 90.000. Dari tiap paket, Pemda Poso melalui Dinas Koperasi, UMKM dan perdagangan memberi subsidi sebesar Rp 50.000.

“Dengan melihat situasi saat ini, tujuannya untuk memudahkan masyarakat agar tidak terlalu berbondong-bondong di satu tempat, maka kali ini kita salurkan lewat kecamatan. Tentunya berkoordinasi dengan lurah dan desa, karena mereka yang lebih mengetahui situasi warga,” terangnya.

Tidak hanya di tiap wilayah, kompleks relokasi Karawasa di Kecamatan Poso Kota Utara juga mendapat jatah sembako murah sebanyak 50 paket. “Mudah-mudahan semua terlaksana dengan baik, dan minggu ini sudah selesai semua sesuai target dan harapan kami,” tandas Rama.

Selain untuk umat muslim yang akan menyambut hari raya Lebaran, tahun 2018 ini juga disiapkan 800 paket sembako yang sama, yang diperuntukkan kepada umat Hindu yang merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan, yang jatuh pada hari Jumat, 30 Mei hingga Senin, 9 Juni 2018.

Untuk wilayah Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara, penjualan sembako yang dikemas dalam kegiatan pasar murah, di gelar di Pura Agung Tambarana, Poso Pesisir Utara, pada Selasa, 22 Mei lalu. Disiapkan 250 kantong paket sembako, yang diperuntukkan kepada warga kurang mampu disana. Acara ketika itu dibuka Staf Ahli Bupati Andi Rifai.

Jumlah paket yang sama juga didistribusikan ke Kecamatan Lore Timur. Sedangkan sisanya didistribusi ke Kecamatan Poso Pesisir Utara, dan Pamona Puselemba, masing-masing 150 paket.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Poso, Kadek Gunaya, umat Hindu khususnya di Kabupaten Poso merasa bangga dengan kepemimpinan Bupati Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Samsuri dengan tagline Cerdas.

“Karena selama kurun waktu sekitar sepuluh tahun belakangan, pada masa kepemimpinan mereka baru terlaksana Safari Nyepi. Bahkan keduanya bersedia menyempatkan diri menghadiri langsung acara kami. Dan pada tahun ini juga pasar murah bagi umat Hindu dilaksankan. Kami bangga dan berterima kasih,” tutur Kadek Gunaya.(mitha)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Tingkatkan Silaturahmi, Polres Tolitoli Buka Puasa Bersama Elemen Masyarakat

TOLITOLI,...

Buka Puasa Bersama, Polres Parimo Ajak Perkokoh Persatuan

PALU,...

Tampil Jenaka, Ceramah Ustad Maulana Diselingi Bahasa Bugis

PALU,...

Close