Sulawesi Selatan

Gempa Bumi 4,5 SR Guncang Palu

PALU, Kabar Selebes – Gempa bumi tektonik mengguncang Kota Palu dan sekitarnya, Senin,, 25 Juni 2018, pukul 21:27 WITA.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan 4.5 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 20 km arah Timur Laut Sigi-Sulteng pada koordinat 1.21 LS – 119.92 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Palu Koro,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho dalam rilisnya, Senin malam.

Menurut Cahyo, guncangan gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara IV-V MMI di Pakuli (Kab. Sigi), Baluase (Kab. Sigi), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

BACA JUGA :  Sidak Ikan Kaleng, Tim Gabungan di Tolitoli Malah Temukan Makanan dan Minuman Kedaluarsa

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, guncangan gempabumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG / II-III MMI) di Palu;

“Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Cahyo. (***/ptr)

Peta titik koordinat gempa bumi dari BMKG Kota Palu

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Pencarian Raymon Masih Nihil

PALU,...

Serang Ternak Warga, Seekor Buaya Ditangkap Warga Desa Dongko Tolitoli

TOLITOLI,...

Kapolda Sulteng Sayangkan Tindakan Anak Buahnya

PALU,...

Close