Pemilu 2019

635 Bacaleg DPRD Sulteng, Perempuan 33%

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pelilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Tengah sudah melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Sulteng.

Komisioner KPUD Sulteng Sahran Raden mengatakan dari 15 partai politik yang menyerahkan berkas pencalonan sebanyak 635 orang bacaleg, terdiri dari 393 laki-laki dan 242 perempuan untuk enam daerah pemilihan (dapil). Keterwakilan perempuan sebesar 39,17 persen. Hanya Partai Keadilan dan Persatuan (PKPI) yang tidak diterima berkas pencalonannya.

Dari hasil verifikasi, kata Sahran, Partai Garuda terbesar pencalon bacaleg perempuan yaitu 58,33%, karena memang pencalonan Partai Garuda tidak 100% atau sesuai formasi penuh 45 orang sesuai jumlah kursi DPRD Sulteng. Sehingga ada dapil hanya perempuan semua dan terhitung 100%.

BACA JUGA :  Seleksi PBSB 2017 Jaring 26 Santri Ponpes di Sulteng

Disusul Partai Bulan Bintang (PBB) 47,50%, dan 42,22% oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Tetapi, kata Sahran, ini agak berbeda dengan partai politik yang mencalonkan bacaleg 100% atau formasi penuh 45 orang bacaleg.

Secara umum, rata-rata keterwakilan perempuan bacaleg sebesar 33% melebihi ketentuan 30% dari pencalonan yang dilakukan partai politik. (ptr)

Suasana Coffee Morning di Warkop Unisa Palu, Sabtu siang. (Foto: Patar)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
1,4 tahun Menjabat, Kapolres Tolitoli Tembak 13 Pelaku Narkotika dan 1 Pelaku Jambret

TOLITOLI,...

KPU-Jurnalis Coffee Morning Bahas Tahapan Pemilu 2019

PALU,...

Pakai Sabu, Polisi Bekuk Kasubag Hukum KPUD Parimo, Ada Uang Diduga Palsu Ikut Disita

PARIGI...

Close