Ekonomi

BI Tingkatkan Kapasitas Penenun Sulteng di Bali

PALU, Kabar Selebes – Kantor Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah mengikutsertakan kelompok tenun binaannya pada kegiatan Capacity Building di Bali, 27-30 Juli mendatang.

Kepala Perwakilan BI Sulteng Miyono mengatakan, selain kelompok tenun binaan BI, juga akan diikutkan kelompok dari kelurahan inovasi, Dewan Kerajinan Daerah, Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu..

“Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dan meningkatkan variasi motif tenun Sulteng sehingga dapat menembus pasar global, ” kata Miyono dalam keterangan tertulisnya.

Lanjut Miyono, kegiatan tiga hari itu nantinya para peserta diajak mengunjungi kelompok Tenun Wisnu Murti yang merupakan binaan BI Bali. Disana mereka mempelajari dan mempraktekkan secara langsung teknik tenun ikat Bali tanpa sambungan yang mampu memproduksi kain dengan lebar 105 cm.

BACA JUGA :  Komunitas Adat Terpencil Dusun Padena Tagih Pembukaan Jalan

Selain itu peserta juga mengikuti pelatihan teknik pewarnaan dengan menggunakan bahan pewarna alam yang ramah lingkungan di Kelompok Tenun Bali.

“Program capacity building ini merupakan salah satu rangkaian dari pelatihan penguatan kelembagaan dan SDM UMKM yang dilakukan BI Sulteng selama 2018,” kata Miyono.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan instansi terkait dari pemerintah daerah.

Sebelumnya BI Sulteng juga telah menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM Kota Palu melalui pelatihan penyusunan Pembukuan Sederhana dan Harga Pokok Penjualan bekerjasama dengan Universitas Tadulako, pelatihan peningkatan daya saing produk UMKM Palu kerjasama Universitas Brawijaya dan Pelatihan Pemanfaatan Ekonomi Digital, 25 Juni lalu dengan menghadirkan narasumber dari Tokopedia Jakarta.

BACA JUGA :  Kapolres Tolitoli Gerebek Lima Pelaku saat Sedang Pesta Sabu

Miyono berharap, dengan pelatihan peningkatan kapasitas SDM UMKM Kota Palu yang dilakukan ini dapat mengakselerasi peningkatan daya saing produk yang dihasilkan sehingg dapat diterima oleh pasar nasional maupun global.

“Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha UMKM di Kota Palu, ” ujar Miyono. (ptr)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Gaya Liza Natalia dengan Latar Teluk Palu

PALU,...

Badan Bahasa-IJTI Sulteng Tingkatkan Kapasitas Berbahasa Indonesia Bagi Jurnalis

PALU,...

Seribuan Warga Senam Zumba Bareng Liza Natalia

PALU,...

Close