Sulawesi Tengah

Cuaca Buruk, Tugboat dan Tongkang Muat Ore Terdampar

MOROWALI, Kabar Selebes – Dari Desa Bahomoleo Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali, Selasa 10 Juli 2018, dilaporkan sebuah tugboat yang menarik tongkang memuat ore terdampar dan kandas. Tugboat bernomor lambung TB MBS 87 / BG MBS 322 kandas diduga akibat cuaca buruk.

Sejauh ini belum diperoleh informasi kondisi anak buah kapal tugboat naas tersebut.

Sementara di Tolitoli, sejumlah instansi terkait dengan pelayaran dan transportasi laut melakukan sosialisasi menyikapi maraknya kejadian kecelakaan laut terhadap kapal-kapal sipil belakangan ini.

Komandan Pangkalan TNI-Angkatan Laut (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Philipus Sri Suharto, M.Tr (Hanla) mengundang sejumlah stakeholder menghadiri sosialisasi keselamatan dan kelaikan kapal di Aula Markas Komando (Mako) Lanal Tolitoli, (Selasa, 10/7).

BACA JUGA :  Peduli Bencana Gempa Napu, Poso City Mall Beri Sumbangan

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Pasintel Lanal Tolitoli-Buol Kapten Laut (P) Wiludjeng didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli Ir. Fadjar Suko Syuhadha, MT.

Kapten Laut (P) Wiludjeng menjelaskan bahwa sosialisasi ini didasarkan pada telegram Kepala Staf TNI Angkatan Laut Nomor : 761/SOPS/0718 tentang maraknya kejadian kecelakaan laut terhadap kapal-kapal sipil. Sosialisasi ini merupakan tahap awal dan akan dilakukan kegiatan serupa dalam waktu dekat ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli Ir. Fadjar Suko Syuhadha, MT meminta kepada segenap stakeholder untuk peduli terhadap keselamatan pelayaran khususnya di perairan Tolitoli.

Kadishub juga mengatakan akan dibentuk Tim Gabungan yang akan bertugas melakukan inspeksi lapangan terkait dengan keselamatan pelayaran dan kelaikan kapal, tidak hanya pada kapal penumpang tetapi juga pada kapal barang dan kapal penagkap ikan.

BACA JUGA :  Bahaya, Napi Terpidana Mati Kasus Kolor Ijo Kabur dari Lapas Makassar

Diharapkan, semua pihak dapat berkolaborasi sehingga para pengguna transportasi laut bisa merasa aman dan nyaman.

Tim yang akan dibentuk itu menurut Fadjar, terdiri dari unsur Dinas Perhubungan, Lanal, KSOP serta unsur Asosiasi Penyedia Transportasi Pelayaran.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Lanal Tolitoli kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli itu dihadiri oleh Komandan KP3 Pelabuhan Dedek Tolitoli, GM. PT. Pelindo IV Cabang Tolitoli, Kepala Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Kab. Tolitoli, Kepala PT. Pelni Cabang Tolitoli.

Hadir juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Tolitoli, Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Tolitoli, Pimpinan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tolitoli, Perwakilan Asosiasi Masyarakat Nelayan, Pimpinan PT. Meratusline Cabang Tolitoli, Pimpinan PT. AML Cabang Tolitoli dan Pimpinan PT Mentariline Cabang Tolitoli serta unsur dari Bidang Perhubungan Laut Dishub Kabupaten Tolitoli. (***/ptr)

BACA JUGA :  AMTRAC Kawal Bupati Touna Tinjau Pekerjaan Jalan di Dusun Terpencil

Tongkang dan tugboat kandas di pesisir pantai Desa Bahomoleo Bungku Tengah, Morowali. (Foto Kiriman Abdul Haris)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Pendaftaran ‘Balon’ DPD, Gland Masih Butuh Seribuan KTP

PALU,...

Hari Kedua, Tujuh Bakal Calon DPD Setor Berkas

PALU,...

PT Pembangunan Sulteng Rancang Pusat Bisnis

PALU,...

Close