Sulawesi Tengah

JK Apresiasi Kehidupan Beragama di Poso

POSO, Kabar Selebes – Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla (JK) beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Rabu, 25 Juli 2018. Kunjungan pertama di awali di Gedung Banua Mpogombo Tentena pada acara Konvensi Pendeta Pendeta Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) yang mengangkat tema Peran Agama dalam Merawat Kebangsaan Menuju Masyarakat yang Adil dan Makmur.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyatakan manusia memiliki naluri yang selalu ingin bersahabat. Salah satunya bersahabat dalam hubungan beragama.. Saat tiba di Poso dan menuju ke Tentena, dirinya melihat gereja yang begitu banyak, hampir setiap satu kilometer ada gereja. Itu menunjukkan adanya kehidupan beragama yang luar biasa.

Jusuf Kalla juga mengakui, Tentena telah lama dikenal sebagai daerah yang tingkat pendidikan dan keberagaman yang telah maju, dan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya juga diminta untuk meresmikan Masjid, suatu tanda kehidupan masyarakat yang harmoni dan untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,” ucapnya.

Pendidikan dan kehidupan beragama di Kota Poso khususnya Tentena, lanjut Jusuf Kalla telah mengalami perkembangan yang harmonis, kehidupan beragama akan luar biasa apabila tokoh agama khususnya pendeta, rajin membina dan memberikan dakwah kepada jemaahnya demi terciptanya kehidupan yang harmonis.

BACA JUGA :  Kapolres Tolitoli Pimpin Gerebek Lokasi Sabung Ayam, Pelaku Lari Tunggang Langgang

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan menghaturkan selamat datang kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla bersama rombongan.

Menurut gubernur, kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Sulawesi Tengah menjadi kebahagiaan dan kebanggaan masyarakat Sulawesi Tengah khususnya keluarga besar Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), karena Jusuf Kalla sejak dahulu hingga sekarang tidak pernah putus perhatiannya terhadap perkembangan pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

“Saya sangat berterima kasih atas waktu dan kesempatan bapak kembali mengunjungi Provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Kabupaten Poso, ditengah kesibukan sebagai Wakil Presiden, dan hari ini Insya Allah akan memberikan suatu pencerahan bagi Pendeta Gereja Kristen se Sulawesi Tengah,” sebut gubernur.

Menurut gubernur, kondisi Kabupaten Poso, saat ini begitu tentram serta penuh kedamaian, ini semua berkat toleransi beragama yang terus menjalin hubungan harmonis antar para pemuka agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan ormas dilingkungan, dengan terus membangun rasa kebersamaan, rasa persaudaraan, saling menghormati dan menghargai sehingga tercipta-lah suasana tentram, nyaman dan damai.

Kegiatan konvensi bagi pendeta se-GKST, merupakan bentuk rasa syukur atas sejarah perjalanan yang panjang Gereja Kristen Sulawesi Tengah dengan berbagai dinamika dan tantangan zaman yang terus berubah, namun dengan semangat kebersamaan dan kerja keras di sertai kasih sayang dan anugerah Tuhan, maka semuanya itu dapat dilalui dengan baik.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pemilik 4 Paket Sabu di Balaesang

Oleh karena itu, kegiatan konvensi bagi pendeta-pendeta se-GKST sangat tepat.

Selain meningkatkan pembinaan kepada umatnya, juga sebagai forum mempererat hubungan sesama pendeta, menyegarkan kembali tugas dan tanggung jawabnya, karena tugas panggilan gereja yaitu bersaksi, bersekutu dan melayani harus terus dikuatkan, karena peran dan fungsi gereja harus terus terfokus pada pelayanan umat.

Tentu hal ini harus didukung oleh para pendeta yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan di bidang keagamaan dan kepemimpinan, agar bisa secara sempurna melayani jemaatnya.

Para pendeta juga, harus bisa meningkatkan kapasitas pelayanan sebagai hamba yang sungguh-sungguh menjadi teladan, teladan bagi umat, bagi keluarga, bagi masyarakat bahkan bagi dunia, dengan terus mengembangkan dan memberdayakan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kompetensinya, agar pelayanan gereja lebih maksimal.

“Melalui rasa syukur ini, di harapkan semua peserta konvensi dapat memaknai sejarah GKST untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan melalui gereja, masyarakat, bangsa dan negara, dan melalui konvensi ini juga, saya harapkan melahirkan pemikiran-pemikiran yang konstruktif bagi pembangunan gereja, bahkan bagi masyarakat, bangsa dan negara dimana GKST itu berada, karena Tuhan senantiasa membimbing kita semua,” urai Longki.

BACA JUGA :  Sakit Dalam Perjalanan, Penumpang Asal Buol Meninggal di Kapal

Usai mengikuti Konvensi Pendeta Pendeta Gereja Kristen Sulawesi Tengah, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola, beserta rombongan selanjutnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan RSU Sinar Kasih GKST Tentena yang berjarak sekitar 3 Kilometer dari lokasi acara konvensi.

Selanjutnya rombongan Wakil Presiden melakukan peninjauan ke Masjid Jami Baitullah Tentena, sekaligus melakukan Sholat Dzuhur secara berjamaah dan penandatanganan prasasti dilanjutkan ke lokasi Instalasi PLTA Poso 1 Pamona, melakukan peresmian Poso City Mall dan terakhir rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla di dampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola bersama rombongan menuju ke Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Kampus Putri 6 Ittihadul Ummah dan sekaligus peresmian auditorium. (***/ptr)

Wapres Jusuf Kalla berbicara di depan peserta Konvensi Pendeta-Pendeta GKST Sulawesj Tengah, di Tentena Poso, Rabu siang. (Foto Humas)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Gubernur Proyeksi RAPBD 2019 Sebesar Rp2,85 Triliun

PALU,...

Festival Lore, Merajut Tradisi Melestarikan Alam

PALU,...

Wapres Jusuf Kalla Tiba di Poso

POSO,...

Close