Nasional

Menteri Pariwisata Luncurkan TdCC 2019

JAKARTA, Kabar Selebes – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola, meluncurkan Calendar of Event Sulawesi Tengah 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jakarta, Selasa siang (17/7/2018). Mereka didampingi Ketua DPRD Sulteng H Aminuddin Ponulele, dan Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

Tahun ini Provinsi Sulteng menggelar 8 event unggulan, 2 event di antaranya yaitu Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) ke-3 dan Festival Pesona Lipuku ke-2 masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 dan mendapat dukungan penuh dari Kemenpar.

Selain 2 event ini, Sulawesi Tengah juga meluncurkan lomba balap sepeda internasional Tour de Central Celebes (TdCC) 2018 yang bertujuan untuk mempromosikan daya tarik wisata di seputar Palu khususnya Pulau Togean yang menjadi ikon wisata bahari nasional serta sebagai destinasi wisata diving kelas dunia. Event ini masuk ke tahun kedua pada 14-18 Oktober 2018 mendatang.

BACA JUGA :  Industri Minyak Sawit Butuh Riset Entomologi

“Acara ini diharapkan tetap eksis dan menjadi destinasi internasional,” ujar Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Tengah.

Tour de Central Celebes kini memperpanjang jangkauannya menjadi 6 kabupaten dan 1 kota. Sebelumnya, event ini hanya menjangkau 5 kabupaten.

Sudah resmi dibuka, event ini akan memiliki 5 etape. Sudah ada 19 tim international dan 5 tim nasional yang sudah mendaftar.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi Launching Calender of Event Sulawesi Tengah 2018 dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulteng. Tahun ini ditargetkan ada 3.825.000 wisatawan terdiri dari 75.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 3.750.000 pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus).

“Tour de central celebes, untuk apa sih event ini? Alam dan budaya makin dilestarikan dan makin disejaterahkan. Berdampak pada pendapatan per kapita yg meningkat. Indeks kebahagiaan juga akan tinggi,” ujar Menpar Arief Yahya.

Penyelenggaraan 8 event unggulan Sulteng tahun ini yaitu Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018. Penyelenggaraan festival budaya tahun ke-3 ini akan berlangsung di Teluk Palu pada 28 September hingga 3 Oktober mendatang. Festival yang menyajikan keunikan ritual adat Kota Palu ini diproyeksikan akan menarik 100 ribu pengunjung.

BACA JUGA :  Calon Mahasiswa Non-Muslim Bakal Bisa Kuliah di IAIN Palu

Festival Pesona Lipuku 2018, merupakan festival budaya yang memasuki tahun ke-2 ini akan berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una pada 2-6 November 2018. Festival ini dimeriahkan dengan fun bike, bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, lomba perahu, dan lomba kuliner masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram. Festival dalam rangka mengangkat tradisi Budaya Touna ini mentargetkan kunjungan 3.000 wisatawan.

Selain itu event Togean Internasional Oceanic akan berlangsung di Pulau Togean pada 7-11 Agustus 2018; Tour de Central Celebes ke-2. Lomba balap sepeda internasional ini akan mengambil start dari kabupaten Banggai pada 14 Oktober dan finish di Palu pada 18 Oktober 2018; Festival Teluk Tomini ke-6 akan berlangsung di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong pada 14-16 Oktober 2018.

BACA JUGA :  Ketua PPIH Sulteng Imbau JCH Fokus Beribadah

Festival Danau Tektonik Poso ke-22 akan berlangsung di Tentena, Kabupaten Poso pada 15-19 Oktober 2018; Festival Teluk Tomori ke-5 di Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara pada 19-23 Oktober 2018; dan Festival Pulau Dua ke-2 akan berlangsung di Luwuk, Kabupaten Banggai pada 27-28 Oktober 2018. (***/ptr)

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat peluncuran Tour de Central Celebes (TdCC) 2018 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa. (Foto: Humas)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
[Bacaleg Golkar] Arus Dapil I, Amran Jaga Gawang

PALU,...

PSI Sulteng Target 6 Kursi, Ketuanya Pilih Jaga Caleg

PALU,...

PBB Hanya Daftar 40 Bacaleg

PALU,...

Close