Pemilu 2019

Berkas Bacaleg Belum Lengkap Segera Dikembalikan

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Tengah akan mengembalikan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik yang belum memenuhi atau belum lengkap dokumen persyaratannya.

“Untuk pengembalian berkas, cukup diwakili penghubung yang sudah ditunjuk dari masing-masing partai politik,” kata Komisioner KPUD Sulteng Sahran Raden saat Coffee Morning bersama sejumlah media, Bawaslu Sulteng dan Polda Sulteng, Sabtu pagi di Palu.

Menurut Sahran Raden, dari hasil verifikasi berkas 635 bakal caleg, masih banyak memiliki kekurangan beberapa jenis surat keterangan seperti surat keterangan tidak pernah dipidana, SKCK, urat keterangan sehat jasmani dan rohani, dan ijazah.

Khusus ijazah, bacaleg wajib memasukkan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Meskipun bacaleg sarjana, ijazah SLTA tetap harus disertakan. Untuk legalisir copian ijazah harus dilakukan di sekolah sesuai ijazah, kecuali sekolah sudah tidak ada maka legalisir dilakukan oleh dinas pendidikan.

BACA JUGA :  Dana Kampanye dan Ikhtiar Memastikan Akuntabilitas

Lanjut Sahran Raden, bagi bacaleg yang pernah dipidana, harus menyertakan surat keterangan dari pengadilan, SKCK dan surat keterangan pemimpin redaksi media tempatnya beriklan atau mengumumkan pernah terlibat tindak pidana.

Kelengkapan berkas harus dikembalikan lagi ke KPU paling lambat 31 Juli untuk diverifikasi. Partai yang tidak melengkapi kekurangan berkas sampai 31 Juli, bacalegnya akan dicoret dan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) serta tidak dapat lagi diganti

Sesuai PKPU Nomor 20/2018, terpidana perkara kejahatan sebagai bandar narkoba, kejahatan asusila terhadap anak dan korupsi tidak dapat diterima.

Berikut partai politik yang tidak mendaftar atau ditolak berkas pencalegannya di KPUD kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah:

BACA JUGA :  Dikira Bom, Alkitab Tercecer di Gereja Bikin Warga Geger

1. Buol (Partai Garuda)
2. Banggai (Partai Garuda)
3. Tolitoli (PKPI)
4. Morowali (semua parpol diterima)
5. Bangkep (Garuda, PKPI)
6. Tojo Unauna (PKPI)
7. Palu (PKPI)
8. Poso (Garuda, PBB)
9. Morowali Utara (PSI, Garuda)
10. Sigi (Garuda)
11. Donggala (semua parpol diterima)
12. Parigi Moutong (Garuda, PKPI)
13. Banggaj Laut (semua parpol diterima)

Untuk pencalegan dari PKPI Sulawesi Tengah, PKPI sudah mengajukan keberatan dan mendaftarkan gugatan ke Bawaslu Sulteng.

Komisioner Bawaslu Sulteng Sutarmin gugatan PKPI Sulteng akan diproses mediasi. Namun bila tidak selesai akan lanjut ke proses ajudikasi.

Ketua KPUD Sulteng Tanwir Lamaming menilai langkah yabg diambil sudah sesuai karena PKPI sudah diberikan waktu hingga Rabu, 18 Juli, pukul 09:00 wita untuk kembali melengkapi syarat-syarat utama pencalonan. Namun hingga waktu yang diberikan habis tidak juga menyerahkan kekurangan berkas yang menjadi ketentuan utama pencalegan. (ptr)

BACA JUGA :  Perbaiki Lampu Jalan, Warga Malala Tolitoli Tewas Tersengat Listrik

Coffee Morning KPUD Sulteng bersama Bawaslu, Polda Sulteng dan jurnalis, Sabtu pagi. (Foto: Patar)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
635 Bacaleg DPRD Sulteng, Perempuan 33%

PALU,...

1,4 tahun Menjabat, Kapolres Tolitoli Tembak 13 Pelaku Narkotika dan 1 Pelaku Jambret

TOLITOLI,...

KPU-Jurnalis Coffee Morning Bahas Tahapan Pemilu 2019

PALU,...

Close