Sulawesi Tengah

Gelar Budaya Indonesiana 2018 di Parimo Dimulai

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Gelar Budaya Indonesiana 2018 bertajuk Vuladongga (Bulan Purnama) di Kabupaten Parigi Moutong resmi dimulai.

Kegiatan yang berlangsung hingga Selasa (14/8) mendatang ini dibuka secara resmi Gubernur Sulawesi Tengah, diwakili Sekda Provinsi Sulawesi Tengah, Drs Moh Hidayat Lamakarate MSi di RTH Kelurahan Masigi Parigi, Sabtu (11/8)

Gelar Budaya Indonesiana merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergilir di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten Parigi Moutong merupakan tuan rumah Gelar Budaya Indonesiana pertama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Parigi Moutong selaku tuan rumah Insonesiana Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh masyarakat Parigi Moutong.

BACA JUGA :  Perindo, Partai Pertama Mendaftar di KPUD Sulteng

Ia menambahkan bahwa kegiatan Indonesiana merupakan ajang menumbuhkembangkan budaya di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan khususnya tamu dari Provinsi Lampung dan dari Negara Spanyol serta seluruh tamu dari Provinsi Sulteng.

Bupati berharap kepada masyarakat Parigi Moutong menjamu tamu tamu istimewa tersebut dengan baik.

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik, jamulah tamu tamu kita dengan baik. Karena kedepan pada bulan September 2018, kita akan menghadapi kegiatan yang lebih besar lagi yaitu kemah budaya,” ungkapnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili Direktur Jenderal Warisan dan Diplomasi Budaya Dr Najamuddin Ramly MSi mengatakan, tema landasan kebudayaan merupakan, persaudaraan, kebudayaan dan kebhinekaan tunggal ika.

BACA JUGA :  Walikota Palu Warning Soal Pinjam Meminjam Perusahaan

“Indonesiana merupakan ajang menggali kebudayaan dan menumbuhkembangkan citra budaya di Indonesia melalui gaung kebersamaan (Vuladongga) “The Sintuvu Of Central Sulawesi,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Kabupaten Parigi Moutong merupakan Kabupaten mempunyai budaya yang sangat tinggi dengan beragam adat istiadat.

“Saya asli Ampibabo Parigi Moutong, budayanya disini sangat luar biasa, banyak makanan khas yang baik untuk kita cicipi seperti sagu atau labol dange, kaledo, uta dada, lalampa toboli dan lain lain,” ucapnya.

Gubernur dalam sambutannya yang sibacakan Sekprov Hidayat Lamakarate mengajak kepada masyarakat untuk terus mencintai dan melestarikan niai nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. “Jaga terus nilai nilai budaya yang kita miliki sebagai perekat persatuan,”pintanya.

BACA JUGA :  Launching Sidol, Kakanwil Harapkan ASN Kemenag Parimo berpikiaran Maju

Kegiatan Gelar Budaya Indonesiana 2018 diawali pawai budaya oleh sejumlah delegasi budaya Kabupaten Kota di Sulawesi Tengah. Tidak ketinggalan penampilan musik kelompok Orkestra Vinculos dari Negara Spanyol.***

Pembukaan Gelar Budaya Indonesiana di Parigi Moutong.(Foto-foto Humas Pemkab Parigi Moutong)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Satu Jamaah Haji Asal Palu Wafat di Mekkah

MEKKAH,...

Jelang Pilpres 2019, Kapolres Donggala Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

DONGGALA,...

Admin Lasimpala : Jangan Takut Sampaikan Aspirasi ke Ahmad Ali

TOGEAN,...

Close