Sulawesi Tengah

Polres Donggala Bongkar Pemalsuan Uang Buat Transaksi Narkoba

DONGGALA, Kabar Selebes – Satuan Reserse Kriminal Polres Donggala berhasil membongkar tindak pidana kejahatan pemalsuan uang. Uang hasil buatan sendiri itu ternyata dipakai untuk membeli narkoba dan keperluan sehari-hari.

Penangkapan dilakukan Selasa (7/8), berdasarkan informasi dari masyarakat. Dua pelaku pemalsu uang betinisial R dan A (31), keduanya warga Kota Banawa, Kabupaten Donggaa.

Kapolres Donggala AKBP S Ferdinand Suwarji mengatakan hasil dari penangkapan dan penggeledahan kepada pelaku, polisi menyita uang palsu pecahan Rp50 ribu sebanyak 29 lembar, 1 unit scan printer, 1 buah selotip dan 1 buah gunting.

Kapolres membeberkan proses penangkpaan oleh Sat uanRekrim Polres Donggala berawal setelah mendapatkan informasi dari masyarakat tentang peredaran uang palsu.

BACA JUGA :  Longki Panen 500 Kg Udang Vaname di Touna

“Dari hasil lidik informasi diketahui bahwa pelaku R pernah menawarkan uang palsu Rp1 juta untuk ditukarkan dengan uang asli Rp 250 ribu. Namun uang palsu tersebut digunakan untuk membeli narkoba. Dari rumah bandar narkoba yang sudah kosong tersebut diamankan babuk uang palsu senilai Rp.1.450.000 (pecahan uang 50 ribu sebanyak 29 lembar),” kata Kapolres.

Selanjutnya, kata Kapolres pada pukul 20.30 wita barang bukti tersebut dan informasi lidik dikembangkan ke pelaku R diakui dan disebutkan yang membuat uang palsu tersebut adalah pelaku A yang juga diakui serta ditunjukkan alat yang digunakan untuk membuat uang palsu tersebut.

“Polisi mengamankan terhadap keduanya di tempat terpisah dan dibawa ke Polres Donggala untuk dilakukan proses penyidikan lanjut,” kata Kapolres.

BACA JUGA :  Tampil Impresif, Celebest FC Tahan Imbang PS Badung

Kedua pelaku dugaan tindak pidana pemalsuan uang dan melanggar pasal 244 KUHP tentang Pemalsuan Uang dengan acaman hukuman 15 tahun penjara.

Dari hasil pemeriksaan, tambah Kapolres, kedua pelaku mengakui bahwa benar pelaku A sebagai yang membuat uang palsu tersebut sebanyak 3 (tiga) kali pecahan Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) sebanyak 29 (dua puluh sembilan) lembar yang dibantu oleh R utk mengedarkan dan digunakan utk membeli narkoba dan barang keperluan sehari-hari.(ptr)

Barang bukti uang palsu yang disita Polres Donggala. (Foto Kiriman Polres Dinggala)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
9 Murid SD di Tolitoli Jadi Tersangka Pencabulan

TOLITOLI,...

Tanwir: Keberatan Bacalegnya TMS, Parpol Silakan ke Bawaslu

PALU,...

6 Orang Bacaleg DPRD Sulteng TMS

PALU,...

Close