Sulawesi Tengah

2020, Poros Peana-Seko Jadi Jalan Nasional

PALU, Kabar Selebes – Jika tidak ada aral melintang di tahun 2020 pembangunan poros jalan Peana-Seko yang melintasi Kecamatan Pipikoro Kabupaten Sigi Propinsi Sulawesi Tengah dan Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan akan ditingkatkan statusnya dari jalan kabupaten menjadi menjadi jalan nasional. Jika rencana terwujud maka ini menjadi sebuah lompatan capaian pembangunan yang patut untuk diacungkan jempol.

Betapa tidak, pembangunan jalan ini merupakan penantian panjang bagi warga Kabupaten Sigi dan Kabupaten Luwu Utara. Khususnya warga yang berdomisili di Kecamatan Pipikoro dan Kecamatan Seko. Pasalnya sejak republik berdiri 73 tahun silam nanti era saat ini rencana tersebut bakal terealisir. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Kerja bersama Komisi III DPRD Sulteng dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sulteng termasuk Dinas Bina Marga dalam rangka pembahasan Perubahan APBD 2018 di Gedung Baruga DPRD Sulteng, Jumat (7/9).

BACA JUGA :  Palu Menyeduh, Upaya Angkat Rasa dan Nilai Kopi Lokal

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulteng, Muh. Masykur menyampaikan perlunya andil Pemerintah Provinsi dalam percepatan pembangunan akses jalan di wilayah perbatasan, di Poros Peana-Kalamanta. Sebab, selama ini terkesan hanya Pemerintah Daerah Sigi yang getol bergerak mengurusi perbaikan infra struktur di daerah tersebut sekalipun dengan keterbatasan APBD yang dimiliki tetapi nampak.

Kata Masykur upaya itu cukup patut diapresiasi dan support pemerintah provinsi juga penting berwujud di sana. Sebagai bentuk perhatian lebih terhadap pembukaan wilayah yang puluhan tahun sulit diakses.

“Dengan cara seperti itu menjadikan pemerintah kabupaten tidak merasa bergerak sendiri mengurusi dan mencari solusi penyelesaian masalah infra struktur utama di wilayahnya,” kata Masykur.

BACA JUGA :  Wow.. Ini Dia 29 Radio Ilegal yang Siaran di Sulteng Versi KPID

Dalam penjelasannya, Asbudianto, mewakili Kepala Dinas Bina Marga, bahwa Dinas Bina Marga bersama Bappeda sedang menyusun perencanaan untuk selanjutnya pembangunan infra struktur jalan di sana akan menjadi jalan nasional. Tahun 2020 rencana tahap awalnya sudah akan dimulai. Balai Wilayah Jalan Nasional yang menghandle pelaksanaannya.

Kita berharap peningkatan status jalan menjadi jalan nasional ini tidak ditunda-tunda lagi. Jika perlu dipercepat segala sesuatunya. Agar antar daerah saling terkoneksi dan terakses dengan wilayah lainnya. Dengan demikian manfaatnya sudah pasti banyak dirasakan, ekonomi, sosial dan budaya. Cepat atau lambat pertumbuhan ekonomi berdampak luas, tutur Masykur.

Kurang apa lagi? Dari sisi program, ini sejalan dengan program pemerintah pusat, yakni membangun daerah-daerah pinggiran dan menghubungkan jalur akses antar wilayah dan pulau. Jadi saya kira sudah pas ini. Tinggal koordinasinya dibangun sampai ke pemerintah pusat, cakap Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulteng.

BACA JUGA :  Polres Banggai Tangkap Tersangka Jambret Ponsel

Sebelumnya, Komisi III DPRD Sulteng bersama Bupati Kabupaten Sigi, Moh. Irwan Lapata melangsungkan pertemuan terkait permasalahan infrastruktur di Kabupaten Sigi (4/9). Dalam pertemuan itu Bupati Sigi berharap ada dukungan pemerintah provinsi di jalan menuju Kacamatan Pipikoro.***

Ojek jadi alat transportasi penting di Kecamatan Pipikoro Kabupaten Sigi. (Foto Keisyah Aprilia/Berita Benar)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
#24TahunAJI, Tetap Independen di Tahun Politik

JAKARTA,...

Batalyon 714/SM Silaturahmi dengan Telkom Group Indonesia

POSO,...

Touring Moge Telkom Group Indonesia Berikan Bantuan Renovasi Masjid Poso

POSO,...

Close