Sulawesi Tengah

Lima Hektar Hutan di Desa Sese Tolitoli Terbakar Berhasil Dipadamkan

TOLITOLI, KabarSelebes- Berkat kesigapan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Dampal Utara bersama jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) Dampal Utara, kebakaran hutan yang terjadi di Dusun Langge-Langge Desa Sese Kecamatan Dampal Utara pada  Kamis (27/9) berhasil dipadamkan.

Keterangan yang diperoleh dari Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy, S.IK bahwa, sekitar jam 14.00 wita, Kapolsek Dampal Utara Iptu Arifin Mahmud, menerima laporan dari Kepala Desa Sese Lasiding, bahwa di dusun Langge-Langge Desa Sese yang berbatasan dengan Desa Simuntu Kecamatan Dampal Selatan telah terjadi kebakaran hutan.

Menindaklanjuti laporan Kades Sese tersebut, Kapolsek Dampal Utara  Iptu Arifin Mahmud, SH bersama jajarannya dan anggota Koramil Dampal Utara menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Kepala Desa Sese Lasiding yang dibantu warga masyarakat kurang lebih 25 orang untuk melakukan tindakan pemadaman dengan cara manual. Tindakan yang dilakukan dengan cara membuat sekatan dengan terlebih dahulu menyingkirkan daun dan rumput agar api tudak menjalar kemudian menyemprot titik api dengan menggunakan semprotan milik masyarakat yang berisi air serta dengan parang yang sudah sipersiapkan sebelumnya memotong ranting untuk digunakan memukul api hingga padam. Alhasil, sekitar pukul 18.00 api yang tersebar di 5 titik berhasil dipadamkan.

BACA JUGA :  Pasar Inpres Manonda Terbakar (Lagi)

Kapolres Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy,mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari Kapolsek Dampal Utara bahwa kesulitan yang dialami pada saat melakukan pemadaman dikarenakan dari satu titik api ke titik api lain melewati tebing tebing gunung yang sangat terjal sehingga pemadaman baru berakhir sekitar  jam 18.00 wita yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

M. Iqbal melanjutkan, sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran hutan, menurut keterangan Anton salah seorang masyarakat setempat bahwa yang bersangkutan melihat sudah terbakar dan tidak mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.(Moh Sabran)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Pilpres 2019, Hipmi di Antara Dua Pilihan

PALU,...

Dolar Naik, Peluang Bagi Eksportir Komoditi Unggulan

PALU,...

Di Sulteng, Prabowo Target Menang 70%-Jokowi 65%

PALU,...

Close