Sulawesi Tengah

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Ampana

896
×

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Ampana

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Palu melaporkan, Selasa (11/9) pukul 14:42 WITA, gempa bumi berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) mengguncang Ampana –ibukota Kabupaten Tojo Unauna dan daerah disekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Cahyo Nugroho dalam keterangab tertulis menyebutkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 4.7 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di Selat Togean, 41 km arah timurlaut Ampana (Kab. Tojo Unauna) pada koordinat 0.73 LS – 121.92 BT kedalaman 10 km, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas sesar lokal setempat.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Korupsi Dana BOS SMA 2 Poso Kini Dipertanyakan

“Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara III-IV MMI di Bunta (Kab. Banggai), Bolaang (Kab. Banggai), Wakai (Kab. Tojo Unauna), dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar,” kata Cahyo Nugroho.

BACA JUGA :  Kapal Pukat KM Koko Hilang Kontak di Perairan Tolitoli

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / II-III MMI) di Poso;

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(***/ptr)