Sulawesi Tengah

Lestarikan Alam, Turis Mancanegara Diajak Tanam Pohon Mangrove di Tolitoli

TOLITOLI, KabarSelebes- Sedikitnya lima turis mancanegara dari tiga negara diantarannya New Zealand, Belanda, serta Chili melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan hutan eko wisata mangrove Desa Pulias, Kecamatan Ogodeide, Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan yang di prakarsai oleh KPH Gunung Dako bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli serta pemerintah Desa Pulias, mengajak lima orang turis yang mana turis dari tiga negara tersebut datang dan berkunjung dengan menggunakan kapal layar yacht.

Lima orang turis mancanegara yang datang mengunjungi kawasan eko wisata mangrove berdecak kagum melihat potensi yang dimiliki Kabupaten dengan ikon Kota cengkeh itu dikarenakan masih mampu menjaga kelestarian alam yang dimilikinya meskipun sebagian kecil hutan mangrove sudah mulai dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk dialih fungsikan.

BACA JUGA :  Outlet Kopi Toratima Kini di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu

Kegiatan bibit pohon mangrove merupakan program dari KPH Gunung Dako Tolitoli yang akan terus berlanjut, kedepannya akan mendapatkan dana dari pemerintah tahun 2019 mendatang.

Dengan adanya program tersebut, masyarakat merasa terbantu karena telah ikut memutar roda perekonomian di Desa Pulias sehingga kawasan hutan eko wisata mangrove bisa tetap lestari.

Selain itu, kedepan KPH Gunung Dako akan mengusahakan pengusulan pembebasan lahan sebanyak 170 Hektare ke pemerintah pusat melalui Program TORA dimana merupakan solusi bagi warga yg telah memanfaatkan kawasan hutan lebih dari 20 Tahun.

Terpisah, Kapolres Tolitoli AKBP M.Iqbal Alqudusy menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi positif kegiatan tersebut dimana potensi alam yabg diperkenalkan kepada turis mancanegara akan berdampak besar terhadap kunjungan wisata ke Kabupaten Tolitoli sehingga bisa menghasilkan devisa negara dari wisata mangrove.

BACA JUGA :  Wapres JK: Kebebasan Pers Harus Pertimbangkan Keadilan dan Kedamaian

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan rombongan turis Mancanegara yang menggunakan kapal layar yacth yang mampir ke Tolitoli, dan ikut berkontribusi untuk menjaga kelestarian hutan mangrove yang semakin sempit di wilayah ini,”tandas perwira dengan dua melati dipundaknya itu saat dihubungi KabarSleebes.Id

Kegiatan yang digelar pada Rabu 5 Spetember 2018 yang dimulai pukul 09.00 wita selain dihadiri oleh perwkilan KPH Gunung Dako, Dinas Pariwisata, serta Pemdes Pulias juga dihadiri Kepolisian Sektor (Polsek) Ogodeide.(Moh Sabran)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Aristan Ditunjuk Gantikan Tahmidy Lasahido Jadi Ketua DPW NasDem Sulteng

PALU,...

Dolar ‘Mengamuk’, Dirut BEI: Fundamental Ekonomi Indonesia Kuat

PALU,...

4 Anggota Bursa Segera Buka Cabang di BEI Sulteng

PALU,...

Close