Sulawesi Tengah

Rico Tjatjo Djanggola Pimpin Karang Taruna Sulteng

PALU, Kabar Selebes – Pengurus baru Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tengah masa bakti 2018-2023 resmi dinahkodai Rico Andi Tjatjo Djanggola.

Ia terpilih sebagai ketua pada temu karya Karang Taruna daerah Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tengah, di Hotel Jazz, Kamis, (13/9/2018).

Terpilihnya Rico ditandai dengan penyerahan pataka Karang Taruna dari pengurus sebelumnya Mohamad Iqbal mewakili ketua demisioner kepada Kepala Dinas Sosial Drs. H Ridwan Mumu, lalu pataka itu diserahkan kepada ketua terpilih,

Rico Andi Tjatco atau yang lebih akrab disapa Caco menyebutkan hal pertama yang ia lakukan adalah konsolidasi penguatan kelembagaan internal di provinsi secara bersama-sama dengan mendengarkan masukan dari perwakilan Karang Taruna tiap kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Setelah itu, kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan pembentukan struktur Karang Taruna di kabupaten/kota.

“Setelah semuanya rampung, rencananya kami akan berkumpul di Sidoan Parigi Moutong dalam rangka bulan bhakti yang dirangkaikan dengan temu karya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Selang Satu Jam Setengah, Giliran Polsek Damput Bekuk Dua Pelaku Pengedar Sabu

Dengan dipercayakan jabatan baru tersebut, ayah satu anak ini optimis dapat memaksimalkan pemuda diantaranya dalam mengentaskan kemiskinan melalui kegiatan kepemudaan. Salah satunya dengan memaksimalkan kegiatan berwirausaha yang berbasis para pemuda.

“Pentingnya wirausaha bagi para pemuda agar para pemuda, khususnya pemuda Sulawesi Tengah dapat mandiri,” imbuhnya.

Menurut dia, pemuda perlu dilibatkan dalam berbagai hal terutama pada proses pembangunan. Salah satunya dalam proses pembangunan sumber daya manusia, di bidang olah raga atau bidang seni budaya.

Hal itu, tambah dia, perlu dilakukan agar pemuda memiliki karakter yang kuat dan juga memiliki nilai luhur yang berakar dari budaya tempat mereka lahir dan tumbuh.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Ridwan Mumu, berharap besar kepada pengurus Karang Taruna yang baru dapat memajukan organisasi, mulai dari tingkat kabupaten/kota, hingga provinsi.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Kurir Sabu Seberat 49 Gram

Selain itu ia juga berharap pengurus yang baru dapat mengharumkan Karang Taruna di kancah nasional.

“Prioritas kami, kami berharap karang taruna ikut berperan aktif dan sejajar dengan organisasi kepemudaan lainnya dalam membangun bangsa dan Negara,” kata pria yang akrab disapa Ridwan.

“Lewat kesempatan ini, bapak gubernur Longki Djanggola juga titip pesan, pertama pahamilah tugas pokok dan fungsi Karang Taruna agar dalam penjabarannya dilapangan nanti sesuai dengan harapan. Pengurus Karang Taruna juga diharapkan semakin aktif dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ujar Ridwan menyampaikan pesan gubernur.

Selain itu, gubernur juga berpesan kedepan Karang Taruna agar tetap menjalin hubungan sinergitas terhadap pemerintah desa, dinas sosial kabupaten/kota dan provinsi serta pilar-pilar sosial dalam wilayah kerjanya masing-masing sehingga nantinya dapat andal dan dapat diandalkan.

BACA JUGA :  Bawa Senjata Rakitan, Delapan Pemuda Sigi Ditangkap Polisi

Sebelumnya pada Rabu petang (12/9/2018) dilaksanakan bimbingan teknis karang taruna Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada organisasi pemuda, agar anggota pengurus memiliki pengetahuan dan wawasan sesuai dengan perkembangan zaman.

“Pasalnya permasalahan sosial masyarakat kian hari makin kompleks. Untuk itu dituntut keterampilan dan rasa tanggung jawab dari semua pihak untuk menanggulangi masalah sosial. Tanggung jawab tersebut juga menjadi wajib dipikul oleh pemuda,” Ridwan. (Sarifah Latowa)

Rico Andi Tjatjo Djanggola (memegang pataka Karang Taruna) berpose bersama Kadis Sosial Sulteng H Ridwan Mumu di Hotek Jazz, Kamis (13/9). Foto Humas Pemprov Sulteng

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Deputi Bidang Strategi LKPP RI Hadiri Pembukaan Rapat Kerja LPSE Se-Sulteng

POSO,...

Dinyatakan P21, Kasus Penipuan CPNS Dilimpahkan ke Kejari Tolitoli 

TOLITOLI,...

OSS, Persingkat Urusan IUP

MOROWALI,...

Close