Sulawesi Tengah

Tercatat 20 Negara Telah Membantu Korban Bencana Sulteng

Personel militer Indonesia dan Jepang membongkar bantuan dari sebuah pesawat kargo Angkatan Udara Jepang di bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia, Sabtu, 6 Oktober 2018. (AP)

JAKARTA, KabarSelebes.com – Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 20 negara telah membantu Pemerintah Indonesai selama penanganan bencana gempa disertai tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

Negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Australia, India, Inggris, Jepang, Jerman, Kanada, Korea, Malaysia, Perancis, Qatar, RRT, Rusia, Spanyol, Selandia Baru, Singapura, Swiss, Turki, dan Ukraina.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mendapatkan dukungan bantuan dari ASEAN Coordinating Centre For Humanitarian Assistance (AHA Centre) dan Badan PBB.

BACA JUGA :  Kapal Naas di Morowali Akibat Mati Mesin

“Adapun total bantuan internasional yang telah diterima oleh Pemerintah Indonesia seberat 980 ton dengan kategori pangan dan non pangan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resmi, Jumat (19/10).

Hari ini, sebanyak enam pesawat asing mengangkut bantuan seberat 103 ton dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaimandi Balikpapan, Kalimantan Timur menuju Bandar Udara Mutiara Al-Jufri di Kota Palu, Sulawesi Selatan.

Enam pesawat tersebut merupakan dukungan transportasi dari Pemerintah Amerika Serikat, Australia, Kanada, Korea, Jepang dan Singapura.

Sebanyak 64 sorti penerbangan dengan menggunakan pesawat angkut militer membawa bantuan dari Balikpapan sebagai entry point menuju Palu.

BACA JUGA :  Menaker: Moratorium TKI Masih Berlaku

Pesawat yang rata-rata menggunakan jenis C-130 Hercules tersebut mengangkut bantuan dari dalam dan luar negeri berupa bantuan pangan dan non pangan. Bantuan pangan yang dibongkarmuat tersebut berupa air mineral, mie instan, biskuit, makanan gizi bayi, minyak goreng dan beras, sedangkan non pangan didominasi tenda.

“Selain itu, pesawat juga menurunkan satu unit forklift yang digunakan untuk mengangkut barang yang diturunkan dari pesawat,” ujar Sutopo. [rus/rmol]

Sumber : FAJAR.CO.ID

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Upaya DSLNG Selamatkan Maleo dari Kepunahan

LUWUK,...

Diduga Korsleting Listrik, Satu Unit Ruko di Tolitoli Hangus Terbakar

TOLITOLI,...

Memprihatinkan, Warga Desa Kuku Poso Belum Nikmati Listrik

POSO,...

Close