Sulawesi Tengah

Ibadah Malam Natal di Sigi Berlangsung Aman

367
×

Ibadah Malam Natal di Sigi Berlangsung Aman

Sebarkan artikel ini

SIGI, Kabar Selebes – Ibadah malam Natal, 24 Desember 2018 di sejumlah gereja di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dilaporkan berlangsung aman dan lancar.

Ini terlihat pada dua dari 318 gereja yang ada di Kabulaten Sigi dan dikunjungi Forkompinda Kabupaten Sigi, Senin malam.

Bupati Sigi Moh Irwan bersama Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, serta sejumlah aparat gabungan pertama memantau gereja Pantekosta Jemaat Syalom di Desa Maku.

Di gereja ini, Bupati Sigi dan Kapolres sempat berdialog singkat. Bupati menyampaikan ucapan Natal dan berharap ibadah berjalan lancar.

Rombongan lalu melanjutkan pemantauan ke Desa Maranatha, tepatnya di Gereja Korps Bala Keselamatan Desa Maranatha. Turut bergabung Ketua DPRD Sigi Rizal Intje Nae.

BACA JUGA :  Basrano : Hadirnya KN SAR Bhisma Diharapkan Dapat Maksimalkan Penyelamatan

Di gereja itu, Bupati Moh Irwan sempat memberikan sambutan di depan ratusan jemaat. Moh Irwan meminta agar masyarakat Sigi tetap bersabar dalam menghadapi pasca bencana. Dia juga meluruskan isu-isu yang beredar terkait mekanisme dan pengelolaan dana bantuan dari berbagai pihak.

“Dana-dana dari berbagai pihak seperti para pemerintah daerah dari berbagai wilayah itu masuk ke kas daerah dan dikelola sebagai APBD. Sedangkan dari pihak NGO dan swasta masuk ke rekening BPBD Sigi,” kata Irwan.

BACA JUGA :  3,5 Kg Narkoba Jenis Sabu Berhasil Diamankan Polda Sulteng

Irwan juga meluruskan isu yang beredar di media sosial akan adanya bencana pada 28 Desember mendatang. Irwan menyatakan, tak seorang pun bisa memprediksi datang satu bencana seperti gempa bumi. Pihak berwenang (BMKG) saja tidak pernah menyampaikan hal itu. Sebagai umat beragama, kita serahkan semuanya kepada Allah SWT karena semua itu merupakan ketentuan Allah,” kata Moh Irwan.

Moh Irwan juga meminta masyarakat Sigi agar bijak dalam bermedia sosial. “Dalam bermedsos, jangan mencela. Calon pemimpin, apakah Jokowi atau Prabowo Subianto, siapapun yang terpilih itu kehendak Allah. Tidak perlu saling mencaci maki di medsos,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kopi Kapal Api dan Radio NebulaTrauma Healing dengan Nobar di Kamp Pengungsian

Sementara itu Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan aparat gabungan berjumlah 300-an terlibat dalam pengamanan yang ditempatkan pada pos pelayanan maupun pos pengamanan yang disiapkan.

“Dari Polres Sigi disiagakan 250 personil dan ditambah 100 personil gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran,” kata Wawan Sumantri saat meninjau Pos Pelayanan di perbatasan Sigi-Kota Palu.

Di Kabupaten Sigi terdapat 318 gereja, tetapi hanya 137 yang terdaftar di Satuan Intelkam Polres Sigi yang melaksanakan ibadah. (patar)

Bupati Sigi Moh Irwan (kiri) menyalami jemaat Gereja Pantekosta Desa Maku saat meninjau, Senin malam. Foto Patar