Pemilu 2024

KPUD Terus Sosialisasikan Penggunaan Hak Pilih

293
×

KPUD Terus Sosialisasikan Penggunaan Hak Pilih

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Menjelang pemilu 2019 pada hari Rabu, 17 April 2019, KPU Provinsi Sulawesi Tengah secara masif melaksanakan sosialisasi untuk menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019. Penggunaan hak pilih sebagai sarana konstitusional bagi masyarakat untuk menentukan masa depan bangsanya.

Demikian kata Sahran Raden, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah pada Pembukaan Audisi Lomba Musik Jingle Pemilu 2019 dihadapan para pemilih muda di kota Palu, pada Sabtu, 16/02/2019 bertempat di Studio T. Musik Palu Sulteng. Audisi Musik Jingle Pemilu dihadiri oleh 17 Band Kelompok anak muda pemilih Milineal di kota Palu, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan umum.

Meraka ini semua sudah memenuhi syarat memilih pada 17 April mendatang. Audisi ini dilaksanakan sebagai tahapan untuk mengikuti Konser Lomba Musik Jingle Pemilu 2019 yang akan digelar KPU Provinsi Sulawesi Tengah pada 23/02/2019 di Taman Gor Palu.

BACA JUGA :  Sejumlah Sniper TNI di Palu Intensifkan Latihan Menembak Runduk

Sahran Raden mengatakan bahwa Pemilu itu arena kontestasi peserta pemilu yang penuh dengan kompetisi, sama seperti Lomba Jingle Pemilu, mereka harus berkompetisi menunju untuk menang. Tahapan demi tahapan dilalui untuk menjaring mereka sampai menjadi pemenang. Ajang ini paling tidak ada dua aspek penting.

Pertama, Mengajak kreatifitas bagi kaum muda milienal untuk mengembangkan kreatifitas seni musik, mereka berterimakasih KPU Provinsi Sulteng telah memfasilitasi ruang seni untuk manipestasi karya, kreativitas dan idiologi.

Kedua, mengajak dan menumbuhkan kesadaran bagi pemilih milenial, untuk mengenal Pemilu 2019. Sebab tidak saja pemain musiknya pasif akan tetapi Tim Juri mengajak untuk berdialog mengenai Pemilu 2019, misalnya terkait mekanisme Pindah memilih, sebab mereka adalah sedang bertugas belajar di perguruan tinggi di Kota Palu sebagian mareka berasal dari kabupaten lain, bersama KTP diluar kota Palu, maka penting mereka mengetahui mekanisme memilih dengan menggunakan form A5 atau pindah memilih. Sebab salah satu alasan pindah memilih adalah sedang melaksanakan tugas belajar di perguruan tinggi. Selain itu mereka diajak untuk mengenal infomasi pemilu, seperti Pemilu serentak 2019. Dimana kita memilih 5 surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota.

BACA JUGA :  150 Wabin Lapas Petobo Tak Bisa Gunakan Hak Suara

“Kompetisi ini terbuka bagi pemilih muda dan umum. Kompetisi konser musik jingle pemilu ini adalah upaya kami untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli dan ikut terlibat dalam pemilu. Melalui lomba musik jingle pemilu ini kami harap jarak masyarakat, khususnya para generasi muda akan lebih dekat lagi dengan pemilu serentak tahun 2019. Menurut kami hal ini penting di tengah kekhawatiran rendahnya angka tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu, khususnya kaum muda milenial,” ungkap Sahran Raden.

BACA JUGA :  Longki Minta Komitmen Caleg Gerindra Menangkan Prabowo-Sandy

17 April 2019 mendatang, Indonesia akan menggelar perhelatan besar yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak sebagai sebuah wujud pesta demokrasi yang melibatkan lebih dari 192 juta pemilih Indonesia. Terdapat sekitar 34 -37 persen dari keseluruhan pemilih Indonesia yang akan diwakili oleh pemilih muda.

Menurut Sahran, mengacu pada data dan fakta tersebut, generasi muda adalah pemilih potensial yang sangat berharga. Penting bagi generasi muda untuk turut serta berpartisipasi dan menyumbangkan suara demi menentukan arah demokrasi bangsa. (***/patar)