Sulawesi Tengah

BMKG: Gempa Poso Tak Berpotensi Tsunami

247
×

BMKG: Gempa Poso Tak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi

PALU, KabarSelebes.com – Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah Senin 29 Mei 2017. Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter itu terjadi sekira pukul 22.35 WITA.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 KM pada 1.33 LS – 120.41 BT dengan titik gempa pada 38 KM BaratLaut Poso tepatnya di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso. Meski dirasakan cukup keras namun gempa itu tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA :  Walikota Palu Lantik 14 Kepala Puskesmas

BACA JUGA:

Gempa Berkekuatan 6,6 SR Guncang Poso, Warga Panik

Diguncang Gempa 6,6 SR, Bangunan Bank BNI Poso Ambruk

Takut Tsunami Pasca Gempa 6,6 SR, Ratusan Warga Poso Mengungsi

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Petrus Demon Sili, M.Si mengatakan, pada peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Torue dan Poso, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (V MMI), Palu dan Sigi, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI), Toli-Toli, Pasang Kayu dan Tana Toraja, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III MMI), Gorontalo, Boalemo dan Bone Bolango, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II-III MMI), Palopo, Masamba dan Balikpapan, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI).

BACA JUGA :  Wawali Palu Pasha Ajak Para Dermawan Berqurban Bersama ACT

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir diimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.
Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan  gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” kata Petrus. (ABD)