Nasional

Tour de Central Celebes Diluncurkan di Jakarta

544
×

Tour de Central Celebes Diluncurkan di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, bersama Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya di Kantor Kementerian di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 27, Jakarta Pusat. (Foto Jafar G Bua)
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, bersama Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya di Kantor Kementerian di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 27, Jakarta Pusat. (Foto Jafar G Bua)

Jakarta – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, Kamis, (06/07/2017) meminta kesediaan Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya untuk meluncurkan Tour de Central Celebes yang bakal digelar di Sulawesi Tengah pada 6-8 November 2017 mendatang.

Permintaan Gubernur Longki Djanggola itu disampaikan kepada Menteri Arief Yahya di Kantor Kementerian di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 27, Jakarta Pusat.

“Dalam pertemuan dengan Menteri Pariwisata saya sudah meminta kesediaan Beliau untuk meluncurkan Tour de Central Sulawesi di Jakarta pada Minggu ketiga Juli ini. Peluncuran akan dilakukan di Jakarta,” sebut Kepala Daerah yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini.

BACA JUGA :  TW II 2018, Indeks Tendensi Bisnis Nasional Tumbuh 112,82%

Menteri Arief Yahya pada kesempatan itu juga sudah menyatakan kesediaannya untuk meluncurkan TDCC di Jakarta. Kepastian waktunya menyesuaikan jadwal Kementerian Pariwisata.

Ajang lomba sepeda yang diikuti oleh sejumlah pebalap nasional dan internasional itu bertujuan mempromosikan daerah tujuan wisata dan budaya di daerah ini. Ajang ini dihelat Pemerintah Provinsi Sulteng, Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, Pemerintah Kabupaten Poso, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah Kabupaten Sigi dan Pemerintah Kota Palu.

BACA JUGA :  Pasca Akuisisi, NWP Segera Audit Gedung PGM

Peserta TDCC akan menempuh 3 etape. Pada etape 1 dari Ampana (Ibu kota Kabupaten Tojo Unauna) sampai Poso, sepanjang 200,44 km. Jalan yang dilalui sepanjang195,04 km adalah jalan nasional, 3,65 km jalan provinsi dan sisanya jalan kabupaten.

Sedang pada etape 2 dari Poso sampai Parigi, tepatnya di Anjungan Kayu Bura akan melalui jalan sepanjang 147,35 km yang mana 146,95 km adalah jalan nasional, dan 0,40 km jalan kabupaten.

Etape 3 atau etape terakhir, dari Parigi, Sigi sampai Palu, akan menempuh jarak 123,69 km dengan panjang jalan nasional 69,38 km, jalan provinsi 36,09 km, jalan kabupaten 8,79 km dan jalan kota sepanjang 9,44 km.

BACA JUGA :  Tekan Penyakit Menular, Basarnas Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Kamp Pengungsian

Dengan demikian total etape yang ditempuh sepanjang 471,48 km dengan pembagian jalan nasional sepanjang 411,37 km, jalan provinsi 39,74 km, jalan kabupaten 10,94 km dan jalan kota sepanjang 9,44 km.

Sepanjang etape itu para pebalap sepeda nasional dan internasional akan menyaksikan sejumlah tempat wisata, suguhan atraksi budaya dan menikmati sajian kuliner khas.