Nasional

LIPI Usulkan Pembangunan Kebun Raya di Sulteng

1316
×

LIPI Usulkan Pembangunan Kebun Raya di Sulteng

Sebarkan artikel ini
Kebun raya Bogor. (IST)
Kebun raya Bogor. (IST)

PALU, KabarSelebes.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengusulkan kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar dapat membangun kebun raya di daerah ini. Menurut LIPI,  Provinsi Sulawesi Tengah adalah satu satunya daerah di Indonesia yang belum  sama sekali memiliki kebun raya.

Sulawesi Tengah tenyata menjadi satu-satunya daerah yang tidak memiliki kebun raya sendiri. Padahal, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat pelaksanaan hari lingkungan hidup meminta  seluruh kabupaten kota di Indonesia harus mempunyai kebun raya.

BACA JUGA :  Paparkan Visi Misi di Gerindra, Anwar Hafid Siap Diposisikan Calon Gubernur Maupun Wakil Gubernur

Olehnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengharapkan adanya pembangunan kebun raya di wilayah Sulawesi Tengah, yang bertujuan selain sebagai tempat wisata, kebun raya juga dapat menyinergikan antara konservasi dan pembangunan ekonomi daerah dan dapat sebagai pendidikan lingkungan bagi para generasi muda.

“Sudah saatnya Sulawesi Tengah memiliki kebun raya karena dari seluruh Indonesia tinggal Sulawesi Tengah yang tak memiliki kebun raya,” kata Danang Wahyu Purnomo, kasubdit Pusat Konservasi Tanaman  dalam pertemuan di Desa Kotarindau  Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi  Selasa (5/12/2017).

BACA JUGA :  Hak Konstitusional Calon: Diantara Keadilan Prosedural dan Keadilan Substansial

Hal tersebut juga ditanggapi oleh Anggota Komisi VII DPR RI Ahmad M Ali. Ia mengatakan bahwa jika LIPI bersedia untuk bekerjasama dan membangun kebun raya Ia akan siap mewakafkan tanahnya yang berada di wilayah kabupaten Donggala seluas 25 hektar untuk dijadikan tempat ilmu pengetahuan.

“Saya mengharpkan pemerintah provinsi Sulawesi Tengah mempunyai kepedulian terhadap pembangunan kebun raya di wilayah Sulawesi Tengah, karena sulawesi tengah sendiri saat ini terbilang mempunyai beragam jenis tumbuh tumbuhan,” kata Ahmad M Ali.(ABD)