Sulawesi Tengah

Maksimalkan Sosialisasin SPAN, IAIN Libatkan pihak Sekolah

SPAN IAIN

 

PALU, Kabar Selebes – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, melibatkan pihak sekolah di KOta Palu untuk memaksimalkan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

SPAN merupakan salah satu instrumen jalur pendaftaran kuliah di perguruan tinggi Islam negeri.

“Penerimaan mahasiswa lewat jalur SPAN, itu gratis. Kami menolong anak-anak bapak ibu sekalian,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan pengembangan lembaga IAIN Palu Dr Abidin Djafar, Kamis.

Abidin Djafar berharap agar orang tua siswa dan pihak sekolah mendaftarkan anaknya ke perguruan tinggi Islam negeri (PTKIN), IAIN Palu.

Ia menyebut IAIN Palu akan memberikan penghargaan kepada orang tua siswa, serta kepada pihak sekolah yang membantu memasukkan siswa ke IAIN Palu lewat jalur SPAN, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2018.
“Jangan ragu memasukkan siswa-siswinya ke perguruan tinggi keagamaan Islam negeri, PTKIN juga memiliki jurusan umum,” ujar Abidin.

IAIN Palu, urai Abidin, memiliki beberapa jurusan umum yang seperti antara lain perbankan, bahasa Indonesia, Bahasa Inggirs, pendidikan guru PAUD, yang dapat dijakadikan pilihan utama pada saat pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur SPAN.

“Kami sangat berharap agar pihak sekolah dapat membantu mengarahkan siswa-siswi tamatan SLTA, madrasyah dan pondok pesantren untuk menjadikan IAIN Palu sebagai pilihan utama dan pertama pada pendaftaran jalur SPAN,” sebutnya.

Abidin Djafar mengemukakan data Kementerian Agama menyebutkan mahasiswa diperguruan tinggi keagamaan Islam negeri sebahagian besar berasal dari tamatan SLTA.

Padahal, kata dia, Kemenag berharap dan bercita-cita agar perguruan tinggi keagamaan Islam negeri didominasi oleh alumni madrasyah dan pondok pesantren.

“Kami memohon kepada Kanwil Kemenag untuk memberikan izin kepada kami dalam sosialisasi SPAN di madrasyah aliyah negeri dan swasta dibawah naungan Kemenag di Sulteng,” sebut Dr Abidin.

SPAN merupakan salah satu model perekturan mahasiswa baru yang diberlakukan, yang digelar dengan sistem daring.

Terdapat tiga model pendaftaran mahasiswa baru dilingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri termasuk IAIN Palu yaitu SPAN, Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Lokal atau mandiri/ pendaftaran secara manual.

IAIN Palu menyelenggarakan sosialisasi sistematikan pendaftaran mahasiswa baru jalur SPAN, menghadirkan puluhan pengelola IT dari berbagai sekolah di Kota Palu, yang berlangsung di Rektorat IAIN Palu, Rabu.(MAD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Kemenag Sulteng Bersedia Kerjasama IAIN Sosialisasi SPAN

PALU,...

Bawaslu dan Parpol Deklarasi Tolak Politik Uang dan SARA

PALU,...

NasDem Nilai DPR Lemahkan Demokrasi di Indonesia

PALU, ...

Close