Sulawesi Tengah

IAIN Palu Pacu Peningkatan Nilai Akreditasi Prodi

1303
×

IAIN Palu Pacu Peningkatan Nilai Akreditasi Prodi

Sebarkan artikel ini

PElatihan IAINPALU, Kabar Selebes – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah memacu peningkatan nilai akreditasi semua program studi yang menempel di tiga fakultas perguruan tinggi keagamaan Islam negeri tersebut.

Rektor IAIN Palu Prof Dr Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan salah satu program dan upaya yang menjadi fokus kerja pimpinan yakni peningkatan nilai akreditasi program studi.

“Pimpinan baik tingat institut, fakultas dan jurusan berupaya untuk meningkatkan nilai akreditasi dari C menjadi B, kemudian B menjadi A. Kita upayakan semua prodi menjadi A,” ungkap Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd.

Kata Prof Sagaf Pettalongi tahun 2018 ini, Badan Akreditasi Nasional (BAN) akan mengumumkan  nilai akreditasi tiga program studi pada IAIN Palu yaitu prodi Pendidikan Agama Islam, Aqidah Filsafat dan Bahasa Arab.

Kemudian, sebut Prof Sagaf, tahun 2019 IAIN Palu akan melakukan reakreditasi terhadap enam program studi untuk mendapatkan nilai atau predikat yang baik dari BAN-PT.

“Kita upayakan di tahun 2018 ini tiga program studi terakreditasi A. Maka awal tahun 2019, kita suda bisa mendapatkan nilai A enam atau tujuh program studi. Karena komunikasi saya dengan pusat menyebutkan bahwa minimal setahun suda bisa dilakukan reakreditasi,” kata Prof Sagaf Pettalongi.

Upaya tersebut di dongkrak dengan pelatihan peningkatan sumber daya manusia yang melibatkan ahli dan para assesor dari BAN-PT.

Pakar Managemen Pendidikan ini berharap agar semua unsur pimpinan institut dan fakultas serta unit dan lembaga di lingkungan IAIN dapat bersinergi untuk fokus pada peningkatan mutu dan melakukan kerja maksimal demi peningkatan predikat/nilai akreditasi.

“Mendapat nilai akreditasi A itu merupakan muara dan harapan semua program studi serta pimpinan. Tercapainya nilai A pada akreditasi menunjukkan bahwa IAIN Palu telah mencapai salah satu indikator peningkatan mutu. Hal itu juga untuk merepresentasikan kulitas sehingga lebih memudahkan IAIN Palu dalam persaingan,” ujarnya.

Selain berupaya mewujudkan peningkatan nilai akreditasi, kata Prof Sagaf, IAIN Palu juga berupaya merealisasikan internasionalisasi PTKIN dengan membuka kelas-kelas internasional.

Terdapat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam di IAIN Palu akan memulai membuka kelas-kelas internasional.      IAIN juga akan mendorong program-program studi unggulan skala internasional, seperti prodi HAm dan Hukum Internasional untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Kemudian Sosiologi dan Konflik Sosial untuk Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, serta saintek seperti matematika, IPA, Bilogi untuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menjadi salah satu narasumber sekaligus membuka  Pelatihan Penyusunan Dokumen Mutu Program Studi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, berlangsung di Auditorium IAIN Palu, Senin 26 – 27 Maret 2018.(MAD)