Sulawesi Tengah

KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Helikopter IMIP di Morowali

521
×

KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Helikopter IMIP di Morowali

Sebarkan artikel ini
Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat melakukan konferensi pers Sabtu (21/4/2018).Foto:ist
Konpers KNKT
Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat melakukan konferensi pers Sabtu (21/4/2018).Foto:ist

MOROWALI, Kabar Selebes – Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang melakukan investigasi terkait insiden jatuhnya helikopter jenis Bell 249 Ranger di kawasan PT IMIP Jumat 20 April 2018 pagi kemarin, hingga kini belum bisa memastikan penyebab kecelakaan tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar Sabtu 21 April 2018 sore tadi, ketua tim KNKT, Nurcahyo Utomo mengatakan bahwa pihaknya bersama tim dari dirjen perhubungan udara dan White sky aviation (WSA) selaku pemilik dan operator helikopter tersebut sudah melakukan investigasi.

BACA JUGA :  Pilwali Palu, Iskandar Nongtji Ambil Formulir Pendaftaran di PDIP

Seluruh badan pesawat, termasuk mesin, baling2, rotor, sistem komputer sudah diperiksa. Namun penyebab kecelakaan belum bisa disimpulkan.

Menurut Nurcahyo, pihaknya baru bisa mengetahui penyebab kecelakaan jika sudah bisa mendapatkan informasi dari kotak hitam helikopter tersebut yang kini sudah diamankan pihaknya.

Kotak hitam itu, kata Nurcahyo, akan dibawa ke Jakarta Untuk diteliti di kantor KNKT.

BACA JUGA :  Wapres Jusuf Kalla Tiba di Poso

Proses investigasi kotak hitam tersebut kata Nurcahyo, bisa memakan waktu selama kurang lebih enam bulan.

Sementara itu, Ketua Tim WSA, Bambang Soekamto mengatakan bahwa helikopter Bell 249 ranger itu buatan tahun 2014 jadi usia pesawat kurang lebih baru 3 tahun. Terhitung sejak tahun 2015, pesawat tersebut dicarter oleh PT IMIP.

Menurut Bambang, selama ini tak pernah ada kendala dalam pengoperasian pesawat itu. Proses maintenance juga teratur dan normal. Maintenance helikopter itu dilakukan setiap 50 jam penerbangan.(ABD)