Sulawesi Tengah

BUMDes Lemba Mesale Kembali Dapat Kucuran Bantuan Senilai Miliaran Rupiah

519
×

BUMDes Lemba Mesale Kembali Dapat Kucuran Bantuan Senilai Miliaran Rupiah

Sebarkan artikel ini
Tambak ikan sidat di Danau Poso.(Foto: Mitha)

POSO, Kabar Selebes – Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI kembali mengucurkan bantuan senilai miliaran rupiah, untuk tahun anggaran 2018 di Kabupaten Poso, sebagai bentuk respon terhadap permohonan yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Bantuan tersebut diberikan kepada BUMDes bersama kawasan perdesaan ‘Lemba Mesale’ di Kecamatan Pamona Puselemba. Bantuan yang diberikan kali ini berupa 32 unit Karamba Jaring Apung senilai 1,2 miliar rupiah.

Tak hanya itu, bantuan bibit ikan sidat untuk tahap pertama sebanyak 130 kilogram/1.950 ekor juga diberikan. Keseluruhan bantuan ditempatkan di Desa Peura dalam rangka memperkuat Desa Peura yang telah dicanangkan sebagai kampung Sidat, dengan tujuan mengembangkan dan melestarikan komoditas unggulan lokal dan endemik yang hanya ada di Danau Poso.

BACA JUGA :  Di Tangan Generasi Ketiga, Pendapatan Kopi Bintang Harapan Rp 20 Miliar per Tahun

Sebelumnya, pada tahun 2017 beberapa bantuan yang nilainya mencapai miliaran rupiah juga diberikan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi kepada Kabupaten Poso. Yakni berupa perlengkapan wisata permaian air, gilingan padi dan bibit tanaman.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyatakan rasa terimakasih kepada Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo, yang telah memberikan bantuan tersebut melalui Dirjen PKP Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan.

BACA JUGA :  Terkait Pembangunan Masjid Raya Buol, Kejari Tuding Pemkab Rugikan Negara

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Desa, PDT dan Trasmigrasi karena beliau telah memberikan perhatian kepada kami, masyarakat yang ada di Kabupaten Poso dengan bantuan berupa 32 karamba jaring apung, yang saat ini kita tempatkan di danau tektonik, danau purbakala Poso, yang ada di kota wisata religius Tentena,” ujar Darmin Sigilipu.

BACA JUGA :  Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Polda Sulteng Bentuk Satgas Bansos

Bupati Poso berharap dengan adanya bantuan tersebut melalui BUMDes bersama dapat dikelolah dengan baik. Pihaknya akan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk mensejahterakan masyarakat di Poso, khususnya di seputaran Danau Poso. (Mitha)