Sulawesi Tengah

Safari Ramadhan 2018, Gubernur Longki Kelilingi Buol dan Tolitoli

408
×

Safari Ramadhan 2018, Gubernur Longki Kelilingi Buol dan Tolitoli

Sebarkan artikel ini
Longki Djanggola saat Safari Ramadhan ke Kabupaten Buol. (Foto Kiriman Oetar Mahyudin)
Longki
Longki Djanggola saat Safari Ramadhan ke Kabupaten Buol. (Foto Kiriman Oetar Mahyudin)

PALU, Kabar Selebes – Agenda Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tahun ini, dimulai dari wilayah paling ujung utara Sulteng, yakni Kabupaten Buol dan Tolitoli.

Sejak Selasa (22/5/2018), tim Safari Ramadhan yang dipimpin langsung Gubernur Sulteng, Longki Djanggola sudah menyambangi Kabupaten Buol. Safari Ramadhan diawali dengan Tauziah dan buka puasa bersama di Rumah Jabatan Bupati Buol, di Kelurahan Leok. Gubernur Longki melaksanakanibadah sholat Isya dan Tarawih di Masjid Nurul Iman Kelurahan Leok I, Kecamatan Biau, Buol.

Rabu pagi (23/5/2018), Gubernur Sulteng Longki Djanggola menghadiri serangkaian agenda kunjungan kerja di Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol. Gubernur Longki didampingi Wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Provinsi Sulteng, Irwan Lahatje, sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulteng dan Pemkab Buol.

BACA JUGA :  Ratusan ASN Pemkot Bersihkan Lokasi Shalat Ied di Petobo

Di ujung utara wilayah Sulteng yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo itu, Gubernur Longki melakukan peletakan batu perdana pembangunan gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Paleleh. Pembangunan gedung sekolah khusus bagi para penyandang disabilitas ini menggunakan dana APBN 2018 sebesar Rp4 miliar lebih.

Gubernur Longki berharap pembagunan gedung SLB Paleleh yang disertai dengan penyediaan fasilitas belajar-mengajar dan sarana penunjang lainnya, akan bermanfaat bagi peningkatan pendidikan para penyandang disabilitas di wilayah tersebut.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Pusatkan Idul Fitri di Petobo

“Insya Allah jika pembangunan gedung SLB ini rampung dan siap digunakan, para penyandang disabilitas yang ada di Kecamatan Paleleh, Paleleh Barat dan kecamatan terdekat lainnya, tak harus sekolah jauh-jauh ke kota Buol. Ini bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap pemenuhan hak-hak dasar masyarakat terutama di sektor pendidikan,” kata Gubernur Longki yang ditemui di sela-sela acara.

Usai seremoni peletakan batu perdana pembangunan gedung SLB Paleleh, Gubernur Longki beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Tolitoli. Sekitar pukul 15:00 Wita, rombongan Gubernur Longki tiba di Kota Cengkeh, Tolitoli.

BACA JUGA :  Kurangi Resiko Bencana, JKM Oxfam Tanam 310 Bibit Mangrove di Teluk Palu

Di Tolitoli, rangkaian agenda Safari Ramadhan 2018 dimulai pukul 17.30 Wita dengan acara Tauziah jelang buka puasa di aula rumah jabatan Bupati Tolitoli. Suasana jelang buka puasa kali ini lebih ceriah diwarnai gelak tawa para undangan. Ustadz Yusuf Jambolino menyampaikan pesan-pesan islami dengan gaya khasnya yang kocak. Bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan terlihat mendampingi Gubernur Longki.

Gubernur Longki dan rombongan Safari Ramadhan melaksanakan ibadah sholat Isya dan Tarawih di Masjid Nurul Ulyah Kompleks Perumahan Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan. Dijadwalkan Gubernur Longki kembali ke Palu pada Kamis (24/5/2018). (***)