Sulawesi Tengah

2018 Pemda Poso Buka Penerimaan PNS, Nasib K2 Harus Ikut Hasil Seleksi Tes

323
×

2018 Pemda Poso Buka Penerimaan PNS, Nasib K2 Harus Ikut Hasil Seleksi Tes

Sebarkan artikel ini
Kepala BKRD Poso, Yan Guluda

POSO, Kabar Selebes – Dalam waktu dekat Pemda Poso akan melaksanakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Penerimaan CPNS tersebut bakal dilaksanakan di tahun 2018 khusus di wilayah Poso.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Reformasi Birokrasi (BKD-RB), Yan Guluda kepada media membenarkan bahwa Pemda Poso akan melaksanakan penerimaan PNS.

“Hari ini kami akan mendengarkan pembagian kuota PNS dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan),” kata Yan Guluda, Kamis 6 September 2018.

Yan Guluda menyampaikan, jika diwilayah Kabupaten Poso untuk usulan Pemda Poso ada sekitar 500 orang PNS yang akan dibutuhkan pemerintah.

Dimana usulan itu, disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Poso.

“Iya saat ini di Poso lebih besar pengeluaran ke pegawai dari Infrakstutur, makanya, kami hanya menerima 500 lebih PNS saja. Itu pun kalau nantinya disetujui,” ungkapnya.

Menurut Yan Guluda, bahwa sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, untuk penerimaan PNS di tahun 2018 diarahkan pada tiga sektor saja, yakni kesehatan, pendidikan dan infrastukur.

Sedangkan untuk honorer kategori dua (K2) sesuai keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), bahwa kebijakan pengangkatan menjadi PNS telah berakhir sejak dua tahun lalu.

“Jadi untuk yang K2, tidak ada lagi pengangkatan khusus jadi PNS, disarankan untuk ikut tes umum CPNS,” jelasnya lagi.

Yan Guluda menambahkan, Pemda Poso merencanakan tes penerimaan CPNS di bulan September 2018 dengan syarat pendidikan terendah diploma dan umur maksimal 35 tahun. (RYN Gode)