Pemilu 2019

KPU Sigi Tetapkan 425 Caleg Tetap DPRD

SIGI, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi menggelar rapat pleno penetapan daftar calon tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2019, Kamis, (20/09/2018) sore.

Rapat pleno ini digelar sekaligus untuk menetapkan DCT pada Pemilu 2019.

Menurut Ketua KPU Sigi Muh Nuzul TH Lapali, penetapan ini merupakan tahap final dalam rangkaian Pemilu 2019.

Rapat pleno terbuka ini menghadirkan perwakilan dari 16 partai politik minus Partai Garuda jadi yang hadir hanya 15 parpol.

Usai melaksanakan rapat pleno KPU Sigi langsung menetapkan sebanyak 425 calon DCT DPRD Sigi yang terbagi dalam lima daerah pemilihan.

425 calon yang telah ditetapkan sebagai DCT tersebut, masing-masing laki-laki sebanyak 253 orang dan perempuan 172 orang.

BACA JUGA :  PN Tolitoli Jatuhkan Vonis 13 Tahun Penjara Terdakwa Predator Anak

“Seharusnya yang ditetapkan sebagai DCT berjumlah 480 orang, namun ada beberapa partai politik yang tidak memenuhi syarat, sehingga hal itu menyebabkan beberapa calon dari partai tersebut komposisinya berkurang di beberapa daerah,” jelasnya.

Nuzul menyebutkan tahapan selanjutnya, pihaknya akan mengumumkan daftar pemilih tetap melalui beberapa media massa baik media cetak maupun elektronik.

“Besok Jumat 21 September 2018, kami akan mengumumkan daftar calon tetap. Selanjutnya kami akan mempersiapkan pelaksanaan kampanye pada tanggal 23 September mendatang,” tuturnya.

Ia memastikan, semua calon yang masuk dalam daftar caleg tetap di Kabupaten Sigi tidak ada calon yang kategorinya sebagai koruptor, bandar narkoba maupun pelaku tindak pidana asusila terhadap anak.

BACA JUGA :  Dinyatakan P21, Kasus Penipuan CPNS Dilimpahkan ke Kejari Tolitoli 

Selain itu, ia mengingatkan kepada parpol peserta Pemilu 2019 yang belum memasukkan laporan awal dana kampanye (LADK) agar segera memasukkan LADK.

“Batas waktu memasukkan LADK yakni pada 23 September 2018 pukul 18.00 Wita,” ucapnya.

Hal ini sebagaimana ketentuan Pasal 38 Peraturan KPU Nomor 29 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 24 tahun 2018 tentang dana kampanye Pemilu.

Nuzul mengatakan, sebelumnya hal yang sama sudah pernah disampaikan kepada parpol. Namun hingga saat ini masih ada yang belum memasukkan LADK.

“Saya hanya mengingatkan kembali. Karena parpol yang tidak memasukkan LADK sampai batas waktu yang ditentukan akan dikenakan sanksi berupa pembatalan sebagai peserta Pemilu,” tegasnya. (Sarifah Latowa)

BACA JUGA :  Penangkaran Buaya Resahkan Warga Bolano

Rapat pleno penetapan daftar caleg tetap DPRD Sigi. Foto Sarifah Latowa.

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top
%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Polres Tolitoli Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Pemilu 2019

TOLITOLI,...

Amankan 200 Gram, Bandar Sabu Jaringan Tawau Malaysia di Tolitoli Ditembak Polisi

TOLITOLI,...

Peran Semua Stakeholder Dibutuhkan Untuk Tangani Anak Berhadapan Hukum

POSO,...

Close