Bantu Bangkit Pascagempa, KPKP-ST Serahkan Alat Produksi  Ekonomi Alternatif di Sigi

oleh -11 views

SIGI, Kabar Selebes – Kelompok Perjuangan Kesetaraan Perempuan Sulawesi Tengah (KPKP-ST) bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melakukan berbagai upaya memulihkan kondisi ekonomi masyarakat pascabencana gempa dan likuefaksi. Pemulihan kondisi ekonomi itu dilakukan dengan membuka saluran ekonomi alternatif sesuai dengan potensi sumber daya alam yang ada di desa masing-masing.

Pembukaan saluran ekonomi alternatif itu dilakukan dengan pemberian bantuan alat produksi usaha ekonomi alternatif bagi kelompok-kelompok usaha perempuan yang berasal dari 4 Desa yakni Desa Rarampadende, Desa Bobo, Desa Balumpewa Kecamatan Dolo Barat dan Desa Jono Kecamatan Dolo Selatan Jumat (28/12/2018), bertepatan dengan tiga bulan pascabencana.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Sekretaris Jenderal KPKP-ST Soraya Sultan didampingi
Eva Susanti Bande serta disaksikan Kepala Dinas Perindakop Kabupaten Sigi, Camat Dolo Barat, Kepala Desa Jono, Kepala Desa Rarampadende, Kepala Desa Bobo, dan Kepala Desa Balumpewa.

Dalam sambutannya, Soraya Sultan mengatakan sejak berdiri tahun 2000 dimana dalam kurun waktu 18 tahun saat ini KPKP-ST memang konsern mendedikasikan diri di berbagai wilayah yang di Provinsi Sulawesi Tengah antara lain di Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Donggala dan Kabupaten Sigi dengan berbagai aktifitas pendampingan dan perlindungan dalam membangun keadilan sosial, penegakkan hukum serta pemenuhan hak asasi manusia di wilayah pedesaan khususnya bagi perempuan di sektor buruh dan petani.

“Kami selalu berupaya menjalin kerjasama multipihak, membangun jejaring baik dengan organisasi yang ada ditingkat lokal, nasional maupun internasional termasuk melibatkan pihak pemerintah tentunya dengan tujuan untuk mewujudkan visi sosial organisasi. Dengan membangun serta meningkatkan kapasitas di komunitas masyarakat melalui pengorganisasian akan dapat mendorong masyarakat kita khususnya perempuan di pedesaan menjadi lebih kuat dan mandiri,” jelas Soraya Sultan.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah 50-an orang perempuan anggota dari empat kelompok usaha alternatif terdiri dari tiga Desa di wilayah Kecamatan Dolo Barat. Wilayah itu kelompok usaha perempuan yang berasal dari Desa Rarampadende dengan usaha olahan minyak goreng kelapa dalam atau biasa di sebut minyak kelapa kampung, kelompok usaha dari Desa Balumpewa dengan jenis usaha dodol Kelapa muda, dan kelompok usaha kripik pisang dari Desa Bobo serta kelompok usaha perempuan Minyak goreng yang berasal dari Desa Jono Kecamatan Dolo Selatan.

BACA JUGA :  Survei JSI: Jokowi Ungguli Prabowo 51,9% di Sulteng

Bupati Sigi Irwan Lapata menyampaikan bahwa masyarakat di Kabupaten Sigi harus berani kembali bangkit dari situasi saat ini.

“Pemerintah tidak akan pernah meninggalkan masyarakatnya karena semua ini menjadi tanggung jawab kita bersama, saya sangat mendukung penuh penguatan usaha ekonomi perempuan ini. Dan hari ini saya perintahkan langsung kepada Kepala Dinas Perindokop untuk Segera mengurus perizinan usaha secara gratis tanpa berbelit-belit,” tekannya kepada kadis Perindakop yang ikut hadir.

Salah satu anggota kelompok usaha perempuan asal Desa Rarampadende ibu Musria menyampaikan rasa syukurnya karena dengan adanya bantuan alat produksi ini sangat membantu masyarakat khususnya perempuan untuk menopang ekonomi keluarga.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada KPKP ST, yayasan Danamon Peduli dan tentunya Pemerintah Kabupaten Sigi karena dengan alat-alat ini kami tidak lagi mengolah minyak goreng kelapa secara manual dan bisa berusaha menghasilkan produksi yang lebih banyak, dan semoga nantinya hal ini juga bisa membantu perempuan yang ada di desa lainnya,” ungkapnya.

Penyerahan alat-alat produksi usaha ekonomi alternatif ini selanjutnya juga akan dilaksanakan pada tanggal 2 januari 2019 di wilayah Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi bagi kelompok usaha perempuan yang ada di lima desa yakni Desa Puro’o, Desa Langko, Desa Tomado, Desa Anca dan Desa Olu dengan berbeda-beda seperti anyaman tikar dan Kopi Kemasan. (Lia Somba)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 61 times, 1 visits today)