Sulawesi Tengah

PMI Berencana Bangun 2.681 Unit Huntara

510
×

PMI Berencana Bangun 2.681 Unit Huntara

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Palang Merah Indonesia (PMI) berencana akan membangun 2.681 unit hunian sementara (huntara) pada tiga daerah terdampak bencana, Kota Palu, Kabupaten Sigi serta Donggala.

Ketua PMI Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate mengatakan hal itu saat memimpin rapat bersama Federasi Palang Merah Internasional, IFRC, Perwakilan PMI Pusat dan Pengurus PMI Propinsi Sulawesi Tengah, Selasa, 15 Januari 2019.

BACA JUGA :  Tiga Pengedar Uang Palsu Berhasil Dibekuk Polisi

Menurut Hidayat Lamakarate, saat ini masyarakat yang masih tinggal di shelter harus segera mendapatkan hunian yang lebih layak.

Rencana pembangunan huntara oleh PUPR sampai saat ini sesuai dengan kebutuhan bedasarkan SK Gubernur Nomor 360/006/BPBD-G-ST/2019 tentang Penetapan Data Korban Bencana Alam Gempa Bumi, Tsunami dan Likufaksi Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018, berdasar data atas konfilasi data Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, bahwa kebutuhan huntara sebanyak 1711 unit atau 20.610 bilik.

BACA JUGA :  Menteri Kesehatan Resmikan Gedung Baru di RSUD Undata

Sementara sesuai dengan rencana pembangunan huntara PUPR 1200 unit, sementara melalui NGO sudah terbangun sebesar 119 unit untuk memenuhi kebutuhan huntara perlu dukungan semua pihak karena harapan kita semua masyarakat harus tinggal pada pemukiman yang layak sebelum terbangunnya hunian tetap.

“Semoga pembangunan huntara dapat berjalan sesuai rencana sehingga masyarakat yang masih tinggal di shelter dapat menempati hunian yang layak,” harap Hidayat.

BACA JUGA :  Rusak Parah Pascagempa, Akses Jalan Menuju Ranggonau Butuh Perhatian

Lebih jauh Hidayat Lamakarate menyampaikan, PMI setelah terjadinya bencana langsung hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan pemulihan kondisi masyarakat.

“PMI akan terus bersama masyarakat sampai dengan kondisi masyarakat pulih dari dampak bencana,” kata Hidayat sesuai keterangan tertulis dari Humas Pemprov Sulawesi Tengah. (patar)