FPPH Yakin Pemutihan Hutang Bisa Terwujud

oleh -12 views
Jumpa pers Forum Perjuangan Penutihan Hutan (FPPH), Senin, 4 Februari 2019. Foto Patar

YPHHPALU, Kabar Selebes – Forum Perjuangan Pemutihan Hutang (FPPH) pascabencana di Sulawesi Tengah, yakin pemutihan hutang bisa terwujud. FPPH menyebut ada Rp1,5 triliun sampai Rp 2 triliun kredit masyarakat yang terancam bermasalah. Range kredit maksimal Rp500 juta ke bawah.

Ketua FPPH Sulawesi Tengah Sunardi Katili menyebut ada sekitar 25 sampai 30 ribu nasabah yang sudah mendaftar untuk melakukan pemutihan hutang.

FPPH juga menyikapi pernyataan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, 31 Januari 2019 lalu, yang mengatakan tidak ada pemutihan hutang bagi daerah terdampak.

Sunardi mengatakan, pernyataan Jusuf Kalla itu belum final karena FPPH tetap yakin pemutihan hutang bisa terwujud. FPPH juga masih menunggu respons Presiden Joko Widodo. Sedangkan Ketua DPR RI Bambang Sorsatyo setuju dan meminta data-data nasabah. “DPR menindaklanjuti dengan membentuk panitia kerja (panja),” kata Sunardi Katili.

Menurut Sunardi, pernyataan Jusuf Kalla itu cukup meresahkan bagi masyarakat yang sedang berjuang. Kita berharap selain relaksasi, pemutihan hutang bisa terwujud. Peran pemerintah daerah, pusat dan legislatif sangat dibutuhkan. “Saya mengkhawatirkan situasi tidak terkendali bila perjuangan masyarakat tidak tercapai,” kata Sunardi.
Meski demikian, langkah FPPH selain non litigasi juga dapat menempuh jalir litigasi atau ptoses hukum.

BACA JUGA :  Pascabencana, Target Investasi Sulteng Rp20,8 Triliun

“Hanya dua yang bisa menghapus hutang yaitu presiden dan pengadilan. Makanya, kalau presiden juga tidak menyetujui, kami akan tempuh jalur hukum,” kata Sunardi.
Sebelumya, Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menyatakan tidak ada pemutihan hutang di daerah terdampak bencana, tapi yang bisa dilakukan adalah penundaan atau relaksasi. “Bagi masyarakat yang memiliki hutan satu tahun misalnya mendapat penangguhan dua sampai tiga tahun,” kata Jusuf Kalla, 31 Januari 2019 lalu di Kota Palu.(Patar)

 

Tonton Juga :

https://youtu.be/wi3MtNeGeTs

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 150 times, 1 visits today)