Nasional

BMKG Sebut Gempa 5,0 SR di Donggala tidak Berpotensi Tsunami

743
×

BMKG Sebut Gempa 5,0 SR di Donggala tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG merilis data gempabumi tektonik yang mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Rabu, 13 Maret 2019, pukul 08:50 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,01 LU dan 119,66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 km arah utara Kota Donggala, Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahnat Triyono dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA :  Pasar Inpres Manonda Terbakar (Lagi)

Menurut Rahmat, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar palu koro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme sesar geser mengiri (sinistral strike-slip).

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Donggala dan Palu dalam skala intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat.

BACA JUGA :  Polsek Palu Utara Ringkus Pengedar Sabu di Kayumalue

Hingga pukul 09.18 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. (***/patar)