Ekonomi

Kemenperin Dorong Pelaku Industri Bangkit Pascabencana

645
×

Kemenperin Dorong Pelaku Industri Bangkit Pascabencana

Sebarkan artikel ini
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bantuan kepada pelaku usaha di Palu.(Foto:Patar)

PALU, Kabar Selebes – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif mendorong kegiatan percepatan pemulihan perekonomian pascabencana tsunami dan gempa bumi di wilayah Sulawesi Tengah. Upaya tersebut termasuk menggiatkan kembali aktivitas industri dan mengembangkan pemberdayaan ekonomi lokal yang ditargetkan berdampak positif para korban gempa dan masyarakat.

“Sejak masa tanggap darurat hingga saat ini memasuki masa rehabilitasi, Kemenperin bersama pemerintah daerah dan pelaku industri terus berupaya meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana alam,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat peyerahan bantuan untuk Revitalisasi Kegiatan Usaha Industri Pascabencana di Sulawesi Tengah di Jodjokodi Conventiin Center, Kamis, 28 Maret 2019.

Kemenperin telah menyelenggarakan program pelatihan mekanik sepeda motor kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Upaya ini dilakukan guna menciptakan wirausaha baru di sektor reparasi sepeda motor. “Program tersebut juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), termasuk dalam hal ini adalah peningkatan kemampuan SDM di bidang perbengkelan,” papar Menperin.

Menurut Airlangga, secara umum, telah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri nasional, salah satunya difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Faktor SDM berperan penting bagi produktivitas dan daya saing industri nasional, serta mendorong bertambahnya multiplier effect yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
“Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pelaku Industri yang bersedia memberikan bantuan untuk korban bencana di Sulawesi Tengah yang telah berpartisipasi bersama kami. Saya berharap dengan sinergi yang kita bangun menjadi kekuatan bersama untuk mempercepat pemulihan kegiatan usaha industri,” ujarnya.

BACA JUGA :  147 Warga Binaan Rutan Palu Dapat Remisi Kemerdekaan

Pelatihan mekanik sepeda motor yang merupakan hasil kerja sama Kemenperin dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini, ditargetkan dapat melibatkan 500 peserta. Kategorinya yakni, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 150 orang, guru SMK (30 orang), pekerja bengkel tradisional (60 orang), dan mekanik binaan anggota AISI (240 orang).

Pelatihan tersebut telah dilaksanakan secara bertahap pada 21 Januari – 8 Februari 2019 lalu. “Selain itu, kami menyiapkan program pilot project SMK, yang bertujuan membangun satu education center sebagai showcase di salah satu SMK di Sulteng, yang dilengkapi peralatan perbengkelan dan modul pelatihan mekanik sepeda motor sesuai dengan SKKNI dan teknologi terkini,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Gempabumi Magnitudo 7,7 Guncang Maluku Tenggara Barat

Kemenperin juga memberikan fasilitas pengembangan SDM kepada masyarakat di Sulawesi Tengah berupa rumah produksi di Biromaru, Kabupaten Sigi kepada Kelompok Usaha IKM, mesin dan peralatan IKM, serta peralatan bengkel kepada Kelompok Wirausaha Baru.

Airlangga menambahkan, Kemenperin juga telah mengirimkan lima Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang dilengkapi aplikasi penjernih air. Kelima AMMDes tersebut akan didistribusikan pada tiga wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Donggala, dan Sigi.

“Sesuai karakter AMMDES, unit yang dikirim ke Sulawesi Tengah juga dilengkapi Power Take Off (PTO) yang mampu menggerakkan alat produksi serta utilitas dan alat bantu kerja lain sehingga dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat,” ujarnya.

AMMDes merupakan hasil pengembangan anak bangsa dengan jumlah komponen lokal mencapai hampir 90 persen dengan melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai vendor komponennya hingga 42 persen. Saat ini, AMMDES terus dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan produksi masyarakat. “Setelah kami mengirimkan lima prototipe AMMDes penjernih air ke Palu untuk duiji coba, ternyata respons masyarakat di sana sangat luar biasa karena merasa terbantu,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa IAIN tidak Lagi Kuliah di Kelas Darurat Pascatsunami

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menjelaskan, bantuan AMMDes pengolah air jernih diserahkan langsung kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Sigi dan Donggala serta Kelompok Usaha Masyarakat di Kota Palu.
Menurut Putu, peluang bisnis penjernihan air menggunakan AMMDES dapat menghasilkan keuntungan yang cukup.

“Sebelumnya, kami melaksanakan bimbingan teknis kepada kelompok masyarakat penerima bantuan AMMDes penjernih air mengenai teknis pengoperasian selama 1-2 bulan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari beberapa perusahaan industri kepada Pemprov Sulawesi Tengah, antara lain dari Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI), Pupuk Kujang, Petrokimia Gresik, Semen Tonasa, dan Semen Indonesia. Selain itu, bantuan juga diberikan oleh Sanwa Tirta Indonesia kepada SD Inpres Perumnas Kota Palu dan Masjid Al-Ikhlas. (patar)