Bawaslu Sulteng Sebut Lokasi Pengungsian Rawan Pelanggaran Pemilu

oleh -5 views

PALU, Kabar Selebes – Jelang pemilu 2019, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tengah menyebutkan, lokasi pengungsian korban bencana yang tersebar di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah, menjadi lokasi yang rawan terjadinya politik uang.

Olehnya, Bawaslu Sulteng memastikan akan bekerja ekstra untuk mencegah para oknum yang akan mencederai pesta demokrasi lima tahunan itu.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng, Darmiati mengungkapkan saat ini pihaknya telah mengidentifikasi sejumlah titik pengungsian yang ada di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Darmiati juga menegaskan, pihak Bawaslu Sulteng tidak akan segan-segan menyeret siapapun yang kedapatan melakukan pelanggaran dalam pemilu kali ini.

“Melalui aparat kami sudah melakukan peringatan – peringatan untuk tidak melakukan kegiatan – kegiatan yang mengarah ke money politic, karena pengungsi inikan pasti mengharapkan pemberian dari peserta pemilu,” ujarnya.

Lokasi pengungsian ini memang kerap menjadi sasaran empuk oknum-oknum calon anggota legislatif maupun tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dimana, tidak menutup kemungkinan akan berusaha meraup suara demi meraih kemenangan dengan cara curang yakni politik uang.

BACA JUGA :  Sebelum Tsunami Hantam Palu & Donggala, Inilah Hasil Riset yang Diberikan ke Gubernur Longki

“Di samping itu juga, Bawaslu Sulteng saat ini turut mewaspadai adanya kampanye di luar jadwal dan masa tenang, serta terus secara aktif mensosialisasikan dengan berbagai pihak, apabila sampai terjadi pelanggaran, maka hukum akan menjerat pelanggarnya,” katanya.

Dari data pihak Bawaslu Sulteng, saat ini terdapat empat ratus  lebih kasus pelanggaran pemilu yang terdata oleh pihak Bawaslu Sulteng. Bahkan, diantaranya terdapat dua orang kepala desa yang ditetapkan bersalah yang dihukum kurungan penjara selama dua bulan di Kabupaten Poso dan Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.(Rangga Musabar)

Silakan komentar Anda Disini....


(Visited 38 times, 1 visits today)