Nasional

Gempabumi M 4,7 Guncang Wakai, Tidak Berpotensi Tsunami

1013
×

Gempabumi M 4,7 Guncang Wakai, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika Palu melaporkan, Kamis, 27 Juni 2019 pukul 18:31 WITA, wilayah Wakai (Kab. Tojo Unauna), Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.61 LS – 121.82 BT atau tepatnya berlokasi di Selat Togean, 23 km arah selatan Wakai (Kab. Tojo Unauna), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km,” kata KepalaStasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho dalam rilis resminya.

BACA JUGA :  Dua Kurir Sabu 2 Kg di Tolitoli Dituntut 17 Tahun Penjara

Kata Cahyo, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III-IV MMI di Wakai; II-III MMI di Ampana, Toili. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis Cahyo Nugroho. (*/patar)