Sulawesi Tengah

Gempa Magnitudo 3,7 Guncang Beteleme Morut, Tidak Berpotensi Tsunami

1177
×

Gempa Magnitudo 3,7 Guncang Beteleme Morut, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu melaporkan terjadinya gempa tektonik dengan kekuatan (magnitudo) 3,7, Kamis, 12 September 2019 pukul 20:48 WITA di wilayah Beteleme (Kab. Morowali Utara), Propinsi Sulawesi Tengah.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 3.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.21 LS – 121.14 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 17 km arah baratdaya Beteleme (Kab. Morowali Utara), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 24 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho, Kamis malam dalam rilisnya.

BACA JUGA :  Seorang Pria Bakar SPBU Imam Bonjol Palu

Kata Cahyo, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III MMI di Desa Lawangke;II MMI di Kolonodale; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

BACA JUGA :  ACT Palu Kirim Bantuan dan Tenaga Medis ke Sigi

Cahyo berharap agar masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” pinta Cahyo. (*/patar)