Gowes Nusantara Etape Palu Bangkit, Momen Kebangkitan Olahraga dan Ekonomi Pascabencana

oleh -9 views

PALU, Kabar Selebes – Gowes Nusantara 2019 ajang andalan besutan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam menggalakkan olahraga kini menyambangi kota Palu Sulawesi Tengah. Gowes Nusantara etape Palu Bangkit Ayo Bergerak, Dimana Saja, Kapan Saja, Bersama Siapa Saja diyakini akan menjadi kebangkitan kota yang hancur akibat bencana gempa dan tsunami pada 28 September 2019 itu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Palu Sumardi saat menjamu tim Kemenpora yang dipimpin oleh Sekretaris Deputi (Sesdep) Pembudayaan Olahraga Kemenpora Suryati, Kepala Bidang Pengembangan Ruang Publik Olahraga Slamet Rahardjo menjelaskan kota Palu kini sudah mulai menggeliat dan bangkit.

“Bulan ini tepat satu tahun pasca terjadinya bencana. Kini kota Palu mulai bangkit dengan kembalinya roda ekonomi, salah satunya dengan membludaknya peserta yang akan mengikuti gowes bersama pak Walikota, Wakil Walikota beserta jajaran SKPD, Kapolres, Dandim yang tergabung dalam Forkompimda,” jelas Sumardi di kantor Dispora Palu, Jumat (20/9/2019)

Kota yang berada di tengah-tengah pulau Sulawesi itu hancur lebur setelah bencana gempa bumi berkekuatan 7,4 SR dan Likuifaksi atau tanah bergerak serta gelombang tsunami.

“Sampai dengan Kamis peserta yang sudah terdaftar sebanyak 1.750 orang, sebenarnya kami sudah tutup pendaftaran namun saya minta tetap buka untuk sahabat kami yang datang jauh-jauh dari kabupaten Toli-Toli,” katanya lebih lanjut.

Sumardi menjanjikan Gowes Nusantara 2019 menjadi ajang olahraga terbesar pada tahun ini pasca bencana. Diprediksi peserta akan diikuti lebih dari 2.000 pesepeda yang dari kota Palu, Donggala, Buol, Toli-toli, Banggai dan Sigi. Bahkan peserta terjauh dari Kabupaten Buol perbatasan dengan Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  AH-SIP Temui Zulhas, Pasha: Rekomendasi PAN Sejak Awal Untuk Saya

“Bahkan acara besok akan dihadiri oleh empat bupati dari Kabupaten Buol, Toli-Toli, Banggai dan Sigi dan kami juga mengundang seluruh Kadispora di seluruh Sulteng. Bahkan peserta yang mendaftar datang dari tetangga kami kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat,” ujarnya.

Sesdep Deputi Pembudayaan Olahraga Suryati mengatakan event yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini sebagai salah satu cara Kemenpora menyehatkan masyarakat melalui pembudayaan olahraga. Selai itu, event ini juga akan menjadi momen kebangkitan ekonomi masyarakat.

“Ini adalah salah satu momen bagi Kemenpora untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Melalui sport industri tentunya kami berharap gowes yang akan diikuti oleh ribuan peserta ini masyarakat ini akan menjadi sport industri. Masyarakat akan berjualan makanan, minuman, kaos dan juga pernak pernik lainnya,” kata Suryati.

Rencananya Walikota Palu akan mengibarkan bendera start untuk membuka Gowes Nusantara etape Palu yang menempuh jarak sejauh 15 kilometer. Rute gowes dimulai dari hutan Kota kemudian menuju jalan Soekarno Hatta, Sisingamangaraja, Veteran lalu menuju jalan Balaikota. Kemudian jalan M. Yamin, Kartini, Wolter Monginsidi, Hasanudin, Sudirman, Samratulangi, Yos Sudarso dan finish di Hutan kota.

Panitia juga telah menyiapkan berbagai hadiah menarik diantaranya kulkas, kipas angin, TV, mesin cuci, dan hadiah menarik lainnya dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. (^/patar)

Silakan komentar Anda Disini....


(Visited 62 times, 1 visits today)