Dirgahayu TNI ke-74 Tahun 2019, Taslim Sampaikan Amanah Panglima Hadi Tjahjanto

oleh -11 views

MOROWALI, Kabar Selebes – Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 tahun 2019 berlangsung cukup hikmad, yang dilaksanakan di Alun-alun Rumah Jabatan Bupati Morowali, Sabtu (5/10/2019).

Bupati Morowali, Taslim, bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Letnan Satu Infantri Silas, sebagai Komandan Upacara. HUT TNI pada tahun ini mengambil tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Dalam sambutannya, Taslim menyampaikan amanah Panglima TNI, Hadi Tjahjanto. Kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI, serta seluruh keluarga besar TNI, diucapkan Dirgahayu TNI ke-74. TNI dicintai dan dibanggakan bersama.

“Marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, ALLAH SWT, sehingga kita dapat menyelenggarakan upacara HUT TNI ke-74 dalam keadaan sehat wal’afiat,” jelasnya.

“Saya bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI, yang telah menunjukkan profesionalitas dalam melaksanakan setiap tugas yang dipercayakan rakyat, bangsa dan negara,” lanjutnya.

Selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh Prajurit, PNS TNI serta keluarga besar TNI, diucapkan rasa hormat dan bela sungkawa atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

“Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan, dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” ujarnya.

Tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru.

”Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi walaupun tidak menghancurkan. Namun, sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” paparnya.

Untuk menghadapi kompleksitas ancaman, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara, dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Dalam membangun kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 sampai dengan 2019. Yaitu; Pembentukan Divisi Infanteri-3/ Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir, pada 11 Mei 2018, guna menghadapi trouble spot di wilayah Indonesia bagian timur.

Pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna, pada 18 Desember 2018, sebagai pangkalan maju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia.

BACA JUGA :  Antisipasi Penimbunan Masker Pasca Kasus Corona, Dinkes Sulteng dan BPOM akan Turun Lapangan

Pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI, pada 30 Juli 2019, menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI.

Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III, pada 27 September 2019, untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya, dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.

”Saya akan memberikan penekanan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dimana pun berada dan bertugas, untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI,” tandas Taslim sesuai amanat Panglima TNI.

Beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut; (1) Perkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri.

(2) Tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

(3) Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas, serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

(4) Sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif. (5) Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta.

Dalam peringatan HUT TNI ke-74 tersebut, dihadiri Dandim 1311 Morowali Raden Yoga Raharja bersama Ibu, Kapolres Morowali Utara Bagus Setiawan bersama Ibu, Sekda Morowali Muh Jafar Hamid, Wakil Ketua I DPRD Morowali Syarifudin Hafid, dan Kasdim 1311 Morowali Arifin Rito Wibowo.

Selain itu, seluruh Kepala OPD, para Perwira Kodim 1311 Morowali, para Perwira Polres Morowali Utara, Anggota Kodim 1311 Morowali, Polres Morowali Utara, para Kapolsek, para Danramil, para pimpinan Bank, para pimpinan perusahaan, peserta upacara TNI Polri, Sat Pol PP, Mahasiswa, Pelajar SMA dan undangan lainnya. (Ahyar Lani)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 43 times, 1 visits today)